Terobosan Google di Segmen Mid-Range: Pixel 8a dengan Prosesor Tensor G3 dan Software 7 Tahun

0
pixel-8a-ga04988-in-google-original-imahyn3mskjbwphw_dhiarcom3
Foto: Google Pixel 8a dari Google

Perilisan Google Pixel 8a mewakili perubahan yang signifikan di ranah handphone pintar Mid-Range, menghadirkan fitur-fitur high-end dengan harga yang kompetitif. Diluncurkan secara diam-diam menjelang Konferensi Pengembang I/O tahunan Google, Pixel 8a telah menarik perhatian dengan spesifikasinya yang ditingkatkan dan janji dukungan Software jangka panjang, sehingga memposisikan dirinya sebagai pesaing tangguh di pasar handphone cerdas global.

Google Pixel 8a: Penyempurnaan Desain dan Layar

Google Pixel 8a menampilkan layar OLED 6,1 inci, memberikan resolusi Full HD+ yang mendukung refresh rate 120Hz, peningkatan signifikan dibandingkan 90Hz yang ditemukan pada pendahulunya, Pixel 7a. Peningkatan ini tidak hanya memberikan tampilan visual yang lebih halus tetapi juga menunjang tingkat kecerahan puncak 2000 nits, dua kali lipat dari 1070 nits pada spesifikasi sebelumnya. Layar dilindungi oleh Gorilla Glass 3, menjaga dari goresan dan benturan ringan. Desainnya mencerminkan desain premium seri Pixel 8, dengan sudut membulat dan jembatan kamera horizontal, sambil mempertahankan sertifikasi IP67 untuk ketahanan terhadap debu dan air. Smartphone ini juga dilengkapi dengan sensor sidik jari dalam layar untuk meningkatkan keamanan dan kemudahan akses.

pixel-8a-ga05570-in-google-original-imahyn3ncc6gcfnc_dhiarcom3
Foto: Google Pixel 8a dari Google

Google Pixel 8a: Kemampuan Kamera

Untuk kamera pada Pixel 8a mengalami kemajuan pesat dengan kamera utama 64 Megapiksel yang dilengkapi dengan Optical Image Stabilization (OIS) dan lensa ultra-wide-angle 13 Megapiksel yang menangkap pemandangan lebih luas. Ia juga menawarkan kamera depan 13 Megapiksel, mendukung perekaman video 4K pada kamera depan dan belakang. Google telah menyertakan beberapa fitur kamera tingkat lanjut seperti editor ajaib, pengambilan terbaik, ultra HDR dan banyak lagi, yang bertujuan untuk memberikan pengalaman kamera sangat baik yang biasanya hanya disediakan pada spesifikasi high-end.

Kinerja dan Penyimpanan

Google Pixel 8a dibekali dapur pacu dengan prosesor Tensor G3, yang meningkatkan kemampuan handphone dalam menangani tugas AI dan pembelajaran mesin dengan unggul. Ini dipadukan dengan RAM tipe LPDDR5x 8 GB dan dua pilihan kapasitas penyimpanan—128 GB dan 256 GB UFS 3.1, memberikan ruang yang cukup dan akses berkecepatan tinggi ke data yang disimpan. Pixel 8a dikemas oleh baterai 4.492mAh yang mendukung pengisian daya kabel dan wireless 18W, memastikan Smartphone dapat memenuhi tuntutan kebutuhan sehari-hari yang lengkap.

Software dan Umur Panjang

Mengenai Software, Pixel 8a memuat sistem Android 14 langsung dan dijamin menerima pembaruan selama 7 tahun, mencakup OS, keamanan, dan upgrade fitur. Dukungan jangka panjang ini menegaskan komitmen Google terhadap kepuasan calon pembeli. Fitur Software unggulan termasuk Circle to Search, bantuan panggilan Pixel, dan Gemini, yang meningkatkan tampilan dan fungsionalitas secara keseluruhan.

pixel-8a-ga04432-in-google-original-imahyn3mqzdbzywg_dhiarcom3
Foto: Google Pixel 8a dari Google

Google Pixel 8a: Harga dan Ketersediaan Handphone

Advertisements
Loading...


Pixel 8a tersedia dalam empat warna: Bay, Aloe, Obsidian, dan Porcelain, mulai dari $499 (kira-kira Rp.8 Juta) untuk model 128GB dan $559 (kira-kira Rp.9 Juta) untuk versi 256GB. Handphone ini tersedia untuk pre-order dan penjualan akan dimulai pada 14 Mei. Google juga menawarkan promosi menarik seperti diskon dan opsi EMI gratis, serta harga spesial untuk Pixel Buds A-Series selama periode pemesanan di awal rilis.

Pertimbangan Lingkungan dan Kualitas Bangunan

Google telah berupaya keras untuk memasukkan bahan aman untuk lingkungan dalam pembuatan Pixel 8a. Smartphone ini dibuat menggunakan 24 persen bahan daur ulang, dengan rangka dan frame kamera seluruhnya terbuat dari aluminium daur ulang tanpa mengurangi kualitas pembuatan atau desain.

Posisi Pasar dan Persaingan

Meski merupakan handphone cerdas Mid-Range, harga Pixel 8a menempatkannya dalam kelompok yang kompetitif, berhadapan dengan Smartphone seperti iQOO 12 dan Nothing Phone (2). Dengan rangkaian fiturnya yang tangguh dan janji dukungan Software yang lengkap, Pixel 8a siap menantang standar yang ditawarkan oleh handphone pintar Mid-Range lain, sehingga mungkin mengubah ekspektasi konsumen dan gairah pasar di segmen ini.

Kami ajak kamu untuk berbagi pendapat dan pengalaman dengan Google Pixel 8a atau harapan kamu terhadap smartphone Mid-Range di dunia yang didorong oleh teknologi saat ini.

Review: Kok bisa TV 65” & 4K harganya cuma 6,9jt⁉️ SPC GOOGLE TV ST65 🔥



Jika informasi dari Google Pixel 8a menarik untuk kamu, maka jangan lupa untuk Follow dan Share DHIARCOM NEWS untuk tetap terhubung dan mendapatkan notifikasi update yang lebih menarik lainnya bisa juga subscribe melalui email, Salam Indonesia

Via: 91mobiles | Sumber: Store.google

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments