Pengisian Daya Quick, Rapid Dan Fast 10W, 18W Atau 20W Apa Artinya?

0
937

Kamu mungkin pernah mendengar tentang quick charging, adaptive fast charging, rapid charging, dan Qualcomm Quick Charge 2.0/3.0/4.0 sebelumnya atau setidaknya satu atau dua dari hal-hal ini kamu pernah temui, Mungkin kamu tidak sadari bahwa kesemua teknologi tersebut pada dasarnya sama, yaitu berdasarkan lisensi teknologi yang sama dari Qualcomm atau lebih dikenal sebagai Quick Charge.

Baru-baru ini, teknologi Qualcomm perlahan-lahan telah digantikan oleh teknologi lain seperti USB Power Delivery untuk pengisian daya/charging yang diawasi oleh USB-IF, sebuah badan/organisasi yang ada di belakang teknologi USB. Selain itu beberapa perusahaan-perusahaan seperti Oppo, OnePlus, dan Huawei juga telah memisahkan diri dari Qualcomm dan USB-IF dan membuat semakin banyak pilihan teknologi pengisian daya.

Pertama, mari kita bicara tentang Quick Charge Qualcomm, Hal dasar yang perlu Kamu ketahui adalah bahwa “Quick Charge” hanyalah istilah pemasaran untuk sirkuit dengan kemampuan manajemen daya di smartphone dan pengisi daya adapter yang artinya ponsel dan pengisi daya Kamu harus mendukung Quick Charge Qualcomm agar dapat berfungsi dan ponsel Kamu mungkin perlu memiliki chipset Qualcomm.

Quick Charge 1.0 sudah tidak ada lagi di ponsel keluaran terbaru, jadi tidak relevan untuk didiskusikan Namun yang perlu Kamu ketahui pada adalah Quick Charge 2.0 kecepatanya 2x lipat dari Quick Charge 1.0.

Quick Charge 2.0, kita ambil contoh setiap smartphone Galaxy S atau Note modern mendukung charger “Adaptive Fast Charge” merek Samsung yang tidak berbeda dari hampir semua pengisi daya Qualcomm Quick Charge 2.0 lainnya yang dapat Kamu beli, perangkat ini ketika menggunakan pengisi daya Quick Charge 2.0 memiliki output 1.67A / 9V dan pada dasarnya akan mengisi daya dengan kecepatan yang relatif sesuai dengan kapasitas baterai.

Quick Charge 3.0 adalah versi yang lebih baru dan lebih efisien dari teknologi Qualcomm Quick Charge 2.0, Quick Charge 3.0 mendukung beragam output daya maksimum dan seberapa besar daya yang dapat diterima ponsel Kamu dari pengisi daya tergantung pada kemampuan masing-masing, Beberapa ponsel hanya menerima 15 atau 18W dari total input, sedangkan yang lain (meskipun ini jarang terjadi) dapat menerima hingga 27 atau 30W.

Untuk cara kerjanya, Quick Charge Qualcomm v2.0 dan 3.0 memungkinkan memberikan daya yang besar ke baterai menggunakan tegangan lebih tinggi dari normal hingga mencapai apa yang disebut “saturasi” biasanya sekitar 60-80% tergantung bagaimana konfigurasi manajemen daya dari masing-masing ponsel. Pada titik itu, pengontrol daya ponsel mengukur kembali jumlah daya yang diterimanya dan ponsel Kamu akan mulai mengisi lebih banyak dan lebih lambat saat mendekati 100%. Istilah ini disebut “adaptif” yang berasal pemasaran Quick Charge Samsung, dengan Quick Charge memungkinkan ponsel Kamu secara cerdas mengukur jumlah daya yang diperlukan dari pengisi daya berdasarkan kondisi pengisian daya baterai saat ini, Ingatlah bahwa Quick Charge 2.0/3.0, quick charging, fast charging, adaptive fast charging, dan turbo charging kesemuanya biasanya mengacu pada hal yang sama.

Misalnya kamu membeli pengisi daya 24W Quick Charge 3.0 untuk Galaxy S10 Kamu tidak akan diisi pada 24W bahkan jika pengisi daya mengiklankan dukungan untuk model ponsel Samsung Kamu. Itu hanya dapat mengisi daya baterai smartphone Samsung dengan cepat, seberapa cepat? Galaxy S10, S9, S8, S7, Note8, dan Note9 mendukung input pengisian maksimum 15W, jadi ketika Kamu mencolokkan ke pengisi daya 24W maka pengisian lebih dekat ke 15W bukan pengisi daya maksimum 24W, Masuk akal?

Pertanyaan praktis lain tentang Quick Charge yang mungkin Kamu miliki, bagaimana Kami bisa tahu jika pengisi daya yang disertakan dengan ponsel Kami adalah pengisi daya cepat? Ini sebenarnya lebih mudah dari yang Kamu kira. Di antara nya dapat kamu temukan di info produk pada pengisi daya, Kamu harus menemukan sesuatu menyerupai kata “output”, dan di sebelah kata itu Kamu akan melihat tegangan dan arus listrik, jika tidak biasanya dua atau lebih voltase dan arus listrik. pengisi daya Quick Charge 2.0 Class A dapat memiliki daya hingga 24 watt dengan kabel micro USB, 36 watt dengan konetor Type-C connector dan Class B memiliki daya hingga 60 watt, misalnya pada contoh ini setidaknya salah satunya harus 15W atau lebih (kalikan tegangan dengan arus listrik untuk mendapatkan watt Kamu dalam contoh ini 5×4 yang kira-kira 20W.

Kamu dapat melihat charger Oppo F9 memiliki output tertinggi sekitar 20W (5v x 4A = 20W)

Beberapa produsen telah mulai benar-benar mendorong batas Quick Charge di smartphone, terutama di Asia merek seperti OnePlus Warp Charge, Oppo SuperVOOC, Huawei Super Charge semuanya memiliki teknologi pengisian yang eksklusif, Mungkin sistem pengisian cepat yang paling dikenal adalah Qualcomm Quick Charge (QC), versi 2.0 dan 3.0. Namun itu bukan satu-satunya sistem pengisian cepat. Samsung juga memiliki satu yang disebut “Adaptive Fast Charging” dan pada dasarnya merupakan merek-ulang dari teknologi Qualcomm, karena tampaknya kompatibel dengan QC 2.0. Motorola memiliki sistem TurboPower-nya (yang mungkin juga merupakan rebrand dari QC 2.0), sementara Oppo memiliki pengisian VOOC Flash. Mungkin sistem yang paling tidak dikenal adalah PumpExpress+ dari MediaTek. Perlu juga disebutkan teknologi pengisian cepat Huawei SmartPower yang ada di Mate 8. Salah satu klaim yang Huawei buat tentang Mate 8 adalah bahwa Anda bisa mendapatkan penggunaan sehari penuh dengan pengisian daya selama 30 menit.

kita ambil sedikit pointnya karena menarik “Jika kamu adalah tipe orang yang selalu mengisi daya ponsel untuk waktu yang singkat hanya untuk menambah daya batteri maka Moto X Force (TurboPower), Huawei Mate 8 (SmartPower) dan Oppo R7s (VOOC) menjadi pilihan terbaik Kamu, Namun jika Kamu sering menonton video saat mengisi daya perangkat maka coba lirik sistem VOOC dari Oppo”, Jika kamu penasaran mana dari teknologi tersebut yang terbaik, kamu bisa kunjungi detail ujicobanya di situs androidauthority.com.

sumber 1 , 2 , 3 , 4 , 5 dan 6

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here