Rumor Neural Engine Upgrade di iPhone 16, AI Generatif Tingkat Lanjut dalam iOS 18!

0
iPhone-16-Protorype-Design_2_dhiarcom3
Foto: iPhone 16 Prototipe dari MacRumors

Siap-siap terpukau, guys! Apple ngasih kita kejutan berupa seri iPhone 16 yang bener-bener ngajak kita melompat lebih jauh ke depan di dunia teknologi hape, terutama soal kecerdasan buatan (AI) nih. Denger-denger, seri terbaru ini bawa Neural Engine yang udah di-upgrade, cocok banget buat manfaatin fitur AI generatif yang ada di iOS 18. Ini artinya, kita liat perubahan besar di Smartphone unggulan Apple. Apple juga punya rencana buat tambahin upgrade hardware yang siap bikin performa AI makin canggih.

Neural Engine yang Makin Jos: Jantung Kemampuan AI iPhone 16

Yang bikin iPhone 16 ini spesial adalah Neural Engine yang udah ditingkatin, yang rumornya jadi bagian dari chip A18 Apple. Dengan perkembangan ini, performa AI di seluruh seri iPhone 16 dirumorkan naik drastis. Upgrade prosesor ini, ditambah dengan kehadiran chip M4 generasi baru, menunjukkan betapa seriusnya Apple dalam meningkatkan kemampuan komputasi Smartphonenya. Neural Engine terbaru ini disebut-sebut punya “jauh” lebih banyak core dibanding yang lama, menandakan lonjakan besar dalam kemampuan pemrosesan buat dukung fitur AI generatif yang heboh di iOS 18.

Apple emang gak main-main dalam ngembangin Neural Engine, dari yang awalnya cuma 16 core di iPhone 15 dan sebelumnya, sampai 8-core di iPhone 11 dan XS, bahkan cuma dua core di iPhone 8. Ini menunjukkan komitmen Apple buat terus meningkatkan performa AI dan machine learning. Dengan tambahnya jumlah core, ini artinya iOS 18 bisa jadi bawa fitur AI terkini yang cuma bisa dinikmati di seri iPhone 16, berkat upgrade hardware ini.

Fitur AI: Yang Bikin iOS 18 Makin Keren

Mark Gurman dari Bloomberg sempet nyebutin kalau update iOS 18, yang fokusnya ke AI, jadi nilai jual utama buat smartphone Apple generasi terbaru. Apple sendiri udah konfirmasi kalau mereka lagi ngulik fitur-fitur baru berbasis AI, yang katanya sih resmi muncul di iOS 18. Update ini juga dirumorkan membawa peningkatan buat Siri, pintasan, Pesan, Apple Music, dan banyak lagi, menandakan penggunaan AI yang lebih luas di ekosistem Apple. Siri yang lebih pinter, yang bisa bikin interaksi kita makin lancar, jadi salah satu bukti betapa besarnya potensi upgrade ini.

Tim Cook, si bos Apple, sempet ngomong soal kerjaan mereka di fitur AI generatif dan kayaknya banyak info baru yang dibagi tahun ini. Semua mata tertuju ke WWDC 2025, dimana iOS 18 diperkirakan dilaunch, dan chip A18 muncul perdana di iPhone 16 sekitar September. Beberapa fitur AI generatif yang terkini buat seri iPhone 16, berkat Neural Engine yang udah diperbarui, menunjukkan betapa pentingnya hardware dalam mengaktifkan kemampuan software yang keren ini.

kemajuan Apple: Komitmen ke AI dan Performa

Advertisements
Loading...


Perjalanan Neural Engine Apple menunjukkan komitmen yang lebih luas untuk memanfaatkan AI dalam meningkatkan pengalaman pengguna. Mulai dari chip A17 Pro, yang bawa Neural Engine dua kali lebih kenceng dari sebelumnya di iPhone 14 Pro, sampai Neural Engine 16-core di MacBook saat ini, langkah Apple dalam pengembangan hardware AI udah jelas banget. Penggunaan Neural Engine 32-core di konfigurasi high-end kayak Mac Studio dan Mac Pro lebih lanjut menegaskan dedikasi Apple dalam menyediakan tools keren buat tugas AI dan machine learning.

AI Generatif, yang lagi ramai berkat inovasi macam ChatGPT dari OpenAI, udah jadi fokus utama perusahaan teknologi sejagat. Dengan Neural Engine yang diperbarui dan fitur AI generatif di iOS 18, Apple posisinya sebagai pemain utama dalam kemajuan AI di dunia mobile. Sementara pesaing macam Samsung juga ngasih fitur AI di Smartphone mereka, kemajuan Apple di bidang ini nunjukin komitmen mereka buat tetap di depan di landscape teknologi.

Menjelang kedatangan iPhone 16 di paruh kedua 2024, gabungan kemampuan AI tingkat lanjut lewat Neural Engine yang diperbarui dan iOS 18 jadi momen penting buat Apple. Ini bukan cuma soal upgrade fungsi Smartphone Apple, tapi juga tentang menetapkan standar baru dalam kemampuan smartphone di dunia AI. Dengan fitur AI generatif yang siap mengubah cara kita berinteraksi, seri iPhone 16 bisa jadi awal dari era baru di teknologi seluler, dipimpin oleh kemampuan AI yang luar biasa.

Kesimpulan

kita semua yang lagi menunggu info lebih lanjut tentang ini, semangatnya menunjukkan betapa besar dampak AI, melalui kemajuan hardware dan software, terhadap masa depan komputasi seluler. Upaya Apple di bidang ini mencerminkan fokus strategis mereka pada AI sebagai dasar inovasi, dan dirumorkan membawa kita ke masa depan dimana smartphone bukan cuma alat komunikasi, tapi juga sahabat cerdas yang bisa meningkatkan setiap aspek kehidupan kita sehari-hari.

Review: 2,3jtan.. Solusi Mic Wireless Untuk iPhone‼️ Hollyland Lark C1



Jika informasi dari iphone 16 menarik untuk kamu, maka jangan lupa untuk Follow dan Share DHIARCOM NEWS untuk tetap terhubung dan mendapatkan notifikasi update yang lebih menarik lainnya bisa juga subscribe melalui email, Salam Indonesia

Sumber: Macrumors|Appleinsider

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments