Menatap Era Digital Baru: Pengumuman Besar dari Google I/O 2024 Tentang AI dan Android!

0
Untitled-design-2024-05-14T235535.749_dhiarcom3
Foto: Google I/O 2024 Dari Google

Google I/O 2024 baru saja mengenalkan kita pada visi futuristik mereka, fokus besar pada kemampuan AI Gemini yang canggih dan integrasinya yang lebih dalam lagi ke dalam ekosistem Google. Acara ini nggak cuma mengungkap inovasi AI terbaru, tapi juga menunjukkan peningkatan fitur Android yang besar, mencerminkan komitmen Google untuk teknologi yang lebih intuitif dan personal.

Google Gemini AI: Lompatan ke AI Percakapan Tingkat Lanjut

Highlight utama dari pengumuman ini adalah kehadiran Gemini 1.5 Pro, yang kini bisa diakses oleh semua pengguna dan pengembang. otak dari AI ini mendukung sampai 1 juta token, perubahan interaksi pengguna dengan memungkinkan percakapan yang lebih luas dan kaya konteks. Google mengklaim bahwa Gemini bisa dengan cepat memindai dan merangkum hingga 1500 halaman dokumen, yang tentunya meningkatkan aksesibilitas secara signifikan.

Pembaruan signifikan lainnya adalah integrasi kemampuan percakapan audio di aplikasi Gemini untuk Android. Fitur yang akan datang ini memungkinkan interaksi suara secara real-time dengan chatbot, menjanjikan pengalaman percakapan yang lancar langsung dari Smartphone pengguna.

android_ai_features_googleblog_1715713011493_dhiarcom3
Foto: Pengumuman AI di Google I/O 2024 Dari Google

Kustomisasi Proyek Astra dan Gemini

Google juga baru saja memperkenalkan Project Astra yang akan segera dimasukkan ke dalam Gemini. Fitur ini meningkatkan interaktivitas seluler dengan memungkinkan pengguna untuk memindai lingkungan sekitar mereka menggunakan kamera ponsel, dimana Gemini akan mengmenjelaskan input visual secara real-time. Variasi Gemini juga terlihat dari profil yang dikustomisasi dalam Gemini yang memenuhi kebutuhan pengguna tertentu seperti bantuan olahraga, pembuatan resep, atau perencanaan perjalanan.

Peningkatan dengan Integrasi Gemini di Google Workspace

Integrasi Gemini di seluruh alat Google Workspace seperti Spreadsheet, Dokumen, Drive, dan Gmail telah mengubah cara pengguna mengelola dan berinteraksi dengan data mereka. Contohnya, di Gmail, Gemini bisa meringkas seluruh rangkaian email atau menemukan lokasi email berdasarkan konteks, sedangkan di Spreadsheet, Gemini bisa menganalisis data untuk menemukan item tertentu, seperti aset paling mahal yang terdaftar.

perubahan Pembuatan Media: Imagen 3, Veo, dan Music AI Soundbox

Alat AI generatif baru Google untuk produksi media adalah terobosan lain. Imagen 3, untuk menciptakan gambar berkualitas tinggi dari perintah teks, dan Veo, alat untuk menghasilkan video 1080p, menunjukkan kemajuan Google dalam media visual. Music AI Soundbox, kolaborasi dengan pembuat musik, memungkinkan pembuatan efek suara dan trek musik baru, yang menunjukkan komitmen Google untuk mendukung ekspresi artistik melalui AI.

LearnLM: Mengubah Keterlibatan Pendidikan

Advertisements
Loading...


Google baru saja memperkenalkan LearnLM, kumpulan alat AI yang dirancang untuk meningkatkan pembelajaran melalui konten pendidikan interaktif. Terintegrasi dengan YouTube, LearnLM memungkinkan siswa untuk berinteraksi langsung dengan video pendidikan, mengajukan pertanyaan, membuat ringkasan video, dan mengikuti kuis. Tujuannya untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan interaktif.

google-io-2024_dhiarcom3
Foto: AI di Google I/O 2024 Dari Google

Kacamata Cerdas dan Project Astra

review kemampuan Project Astra pada kacamata pintar sangat menarik perhatian. Meski Google menggambarkan kacamata ini sebagai prototipe, review tersebut menyoroti potensi penggabungan teknologi AR dengan bantuan interaktif berbasis AI. Ini menunjukkan minat terus-menerus Google dalam mengembangkan aplikasi AR, yang berpotensi menghidupkan kembali konsep mirip dengan Google Glass awal, tapi dengan pendekatan yang lebih terfokus pada integrasi AI.

Fitur Android Baru: Deteksi Panggilan Penipuan dan Lainnya

Fitur-fitur baru Android juga menjadi sorotan utama di acara tersebut, dengan penyempurnaan seperti deteksi panggilan penipuan menggunakan Gemini AI, yang beroperasi secara real-time untuk meningkatkan keamanan pengguna. Fitur tambahan termasuk Lingkaran untuk Mencari, yang memungkinkan siswa mendapatkan bantuan mengerjakan pekerjaan rumah dengan berinteraksi dengan gambar dan diagram langsung di Smartphone mereka. Fitur ini dijadwalkan akan diluncurkan akhir tahun ini, dimulai dengan smartphone Pixel Google.

Kesimpulan

Google I/O 2024 benar-benar menetapkan preseden berani untuk perkembangan teknologi masa depan. Dengan perluasan peluncuran Gemini AI, alat AI baru untuk media kreatif, dan peningkatan fitur Android, Google terus mendefinisikan kembali batasan yang bisa dicapai oleh teknologi. Seiring dengan ketersediaan secara bertahap fitur-fitur ini di seluruh dunia, fitur-fitur tersebut menjanjikan peningkatan cara kita berinteraksi dengan Smartphone, konten, dan dunia di sekitar kita. Jalur inovatif Google tetap berada pada jalur menuju pengalaman pengguna yang lebih terintegrasi dan intuitif, bawa era baru interaksi digital yang lebih profesional.

Bagaimana pendapat kamu tentang inovasi dari Google I/O 2024 ini? Bagikan pandanganmu di kolom komentar di bawah dan ayo bergabung dalam diskusi tentang bagaimana kemajuan ini bisa membentuk masa depan digital kita.

Review: Kok bisa TV 65” & 4K harganya cuma 6,9jt⁉️ SPC GOOGLE TV ST65 🔥



Jika informasi dari google i menarik untuk kamu, maka jangan lupa untuk Follow dan Share DHIARCOM NEWS untuk tetap terhubung dan mendapatkan notifikasi update yang lebih menarik lainnya bisa juga subscribe melalui email, Salam Indonesia

Sumber: Blog.google 1,2,3|Via: Gadgets360

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments