Dimensity 9300+: Kekuatan AI dan Grafis Terbaru MediaTek, Apa Saja Keunggulannya?

0
MediaTek-Dimensity-9300-1200x675_dhiarcom3
Foto: MediaTek Dimensity 9300+ Dari MediaTek

Dalam dunia teknologi yang terus berkembang, MediaTek baru saja bagikan kabar gembira dengan peluncuran prosesor Dimensity 9300+. Kabar ini diumumkan pada acara MediaTek Dimensity Developer Conference (MDDC) 2024, yang menunjukkan peningkatan signifikan dari pendahulunya, Dimensity 9300. Dibangun dengan teknologi fabrikasi 4nm generasi ketiga dari TSMC, Dimensity 9300+ membawa sejumlah peningkatan yang diharapkan bisa mengubah wajah teknologi seluler, dari gaming hingga aplikasi AI.

MediaTek Dimensity 9300+: Peningkatan Mesin dan Kinerja

Prosesor terbaru MediaTek Dimensity 9300+ ini dirancang dengan konfigurasi octa-core yang tangguh, mencakup core utama Cortex-X4 yang beroperasi hingga 3,4GHz, tiga core performa Cortex-X4 hingga 2,85GHz dan empat core Cortex-A720 yang berfokus pada efisiensi hingga 2.0GHz. Konfigurasi ini didukung oleh kombinasi cache L3 + SLC sebesar 18 MB, memberikan lonjakan besar dalam hal kecepatan dan efisiensi.

Di pusat peningkatan kinerjanya, prosesor ini mengintegrasikan APU 790 AI, yang menyuguhkan performa hingga 10% lebih unggul dibandingkan model sebelumnya. APU 790 dirancang khusus untuk mengakselerasi aplikasi AI di Smartphone, termasuk dukungan untuk Large Language Models (LLM) seperti Google Gemini Nano dan Meta Llama 2, memungkinkannya menangani hingga tujuh miliar parameter dengan kecepatan 22 token per detik.

MediaTek Dimensity 9300+: Kemampuan Grafis dan Game

Untuk urusan grafis, Dimensity 9300+ dilengkapi dengan GPU ARM Immortalis-G720 MC12 12-core, yang termasuk mesin ray tracing Hardware generasi kedua dan teknologi Adaptive Gaming dari MediaTek. Fitur ini tidak hanya meningkatkan kualitas grafis tapi juga efisiensi daya, memungkinkan pengalaman ray tracing dengan 60fps yang luar biasa. Keunggulan GPU ini ditambah lagi dengan dukungan RAM hingga LPDDR5T dan penyimpanan tipe UFS 4.0, membuatnya ideal untuk game dan aplikasi mobile yang sangat berat.

Prosesor ini juga mengintegrasikan MediaTek HyperEngine dengan Network Observation System (NOS) baru untuk meningkatkan kualitas Wi-Fi dan kesetabilan jaringan ganda seluler. Sistem ini diharapkan dapat menghemat daya hingga 10% dan mengurangi pemakaian data seluler hingga 25%, memastikan pengalaman gaming dan streaming yang lancar dan tanpa hambatan.

MediaTek Dimensity 9300+: kamera dan Videografi Tingkat Lanjut

Di segmen kamera, Dimensity 9300+ membawa sensor ISP Imagiq 990 yang mampu memproses data RAW 18-bit. Fitur ini memberikan keunggulan dalam videografi seperti segmentasi 16 adegan, peningkatan warna, dan pengurangan noise, yang secara signifikan memperbaiki kemampuan kamera dan video pada Smartphone seluler. Ditambah dengan AI Semantic Analysis Video Engine, prosesor ini menyesuaikan pengaturan video secara real-time untuk menghasilkan tampilan visual yang memukau.

dimensity-9300-plus-chip-2_dhiarcom3
Foto: MediaTek Dimensity 9300+ Dari MediaTek
Advertisements
Loading...


Teknologi MiraVision 990 juga meningkatkan pengalaman menonton di Smartphone dengan mengintegrasikan teknologi depth AI, mendukung berbagai format HDR dan refresh rate tinggi, memperkaya pengalaman menonton konten di smartphone.

MediaTek Dimensity 9300+: Konektivitas dan Efisiensi Baterai

Prosesor Dimensity 9300+ memperkuat keunggulan di bidang konektivitas dengan menghadirkan teknologi Wi-Fi 7 terbaru yang meningkatkan kekuatan sinyal secara signifikan. Selain itu, prosesor ini juga mengusung modem 5G R16 yang dapat mencapai kecepatan downlink hingga 7Gbps pada frekuensi sub-6GHz. Modem ini dirancang untuk optimasi performa jaringan yang luar biasa.

Dalam hal manajemen baterai, prosesor ini dilengkapi dengan teknologi MediaTek 5G UltraSave 3.0, yang memaksimalkan efisiensi baterai dalam berbagai aplikasi. Fitur Bluetooth dikombinasikan dengan teknologi coexistence Wi-Fi/BT dari MediaTek memastikan operasi yang efisien dengan menikmati daya yang lebih rendah, meningkatkan kehandalan Smartphone.

MediaTek Dimensity 9300+: Keamanan dan Dukungan Smartphone

Keamanan menjadi prioritas dengan Dimensity 9300+, menampilkan berbagai fitur keamanan Hardware yang dirancang untuk menangkal serangan fisik dan melindungi data penting. Keamanan prosesor diperkuat dengan Hardware Root of Trust (HWRoT) yang memastikan perlindungan data selama operasi Smartphone, ditambah dengan teknologi Arm Memory Tagging Extension (MTE).

Dari spekulasi yang beredar, smartphone pertama yang akan dilengkapi dengan spesifikasi dapur pacu yang mengesankan ini termasuk Vivo X100s dan seri iQOO Neo 9S Pro, yang dijadwalkan untuk diluncurkan pada pertengahan Mei 2024. Smartphone ini dirancang untuk memaksimalkan potensi penuh kemampuan prosesor dalam skenario penggunaan sehari-hari.

MediaTek Dimensity 9300+ menunjukkan dedikasi MediaTek dalam mendorong batas-batas inovasi teknologi seluler, diharapkan memberikan pengalaman yang lebih baik, hemat Daya, dan nyaman bagi pengguna. Dengan berbagai fitur dan kemampuan baru, Dimensity 9300+ mendefinisikan standar baru untuk prosesor seluler flagship.

Review: HAPE BIKIN CANTIK! VLOG Mediatek P90 di China



Jika informasi dari MediaTek Dimensity 9300+ menarik untuk kamu, maka jangan lupa untuk Follow dan Share DHIARCOM NEWS untuk tetap terhubung dan mendapatkan notifikasi update yang lebih menarik lainnya bisa juga subscribe melalui email, Salam Indonesia

Sumber: Mediatek|Via: Gizguide

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments