Dimensity 7300 dan 7300X: Chipset Terbaru MediaTek dengan Fitur AI dan Multitasking

0
mediatek-dimensity-7300x-7300_dhiarcom3
Foto: MediaTek Dimensity 7300X dan 7300 Dari MediaTek

MediaTek baru-baru ini meluncurkan seri terbaru prosesor ARM berbasis 4nm, Dimensity 7300 dan Dimensity 7300X, yang dirancang untuk menghadirkan kinerja dan efisiensi luar biasa. Chipset ini dirancang untuk memberi power pada smartphone kelas menengah generasi berikutnya, menjanjikan peningkatan signifikan dalam menikmati performa, kemampuan AI, dan multitasking. Yuk, kita lihat lebih dalam spesifikasi dan fitur mendetail dari prosesor baru ini.

MediaTek Dimensity 7300 dan 7300X: Ikhtisar

MediaTek Dimensity 7300 dan Dimensity 7300X dibuat berdasarkan teknologi proses 4nm generasi ketiga dari TSMC. Menurut MediaTek, chipset ini menawarkan daya hingga 25% lebih baik dibandingkan pendahulunya, Dimensity 7050. Kedua prosesor ini adalah octa-core, dengan empat core Cortex-A78 berperforma tinggi dengan clock speed 2,5GHz dan empat core Cortex-A55 yang hemat Daya dengan clock speed 2.0GHz. Mereka juga dilengkapi GPU ARM Mali-G615 MC2, yang meningkatkan kinerja grafis untuk bermain game dan aplikasi berat lainnya.

Dimensity-7300_dhiarcom3
Foto: MediaTek Dimensity 7300 Dari MediaTek

MediaTek Dimensity 7300: Fitur Utama

Dimensity 7300 dilengkapi dengan APU 655 generasi ke-6 dari MediaTek, yang memberikan kinerja komputasi AI dua kali lipat dibandingkan generasi sebelumnya. Hal ini menjadikannya ideal untuk aplikasi yang membutuhkan kekuatan pemrosesan AI besar, seperti Kamera tingkat lanjut, penyempurnaan video real-time, dan pengalaman augmented reality.

Chipset ini mendukung RAM LPDDR5/LPDDR4X dengan kecepatan hingga 6.400Mbps dan penyimpanan UFS 3.1, memastikan penanganan data yang cepat dan efisien. Kemampuan layarnya mencakup dukungan resolusi 120Hz WFHD+ dan 144Hz FHD+, sehingga cocok untuk layar dengan kecepatan refresh tinggi yang menghadirkan visual lebih halus. Opsi konektivitas mencakup WiFi 6E, Bluetooth 5.4, GPS, BeiDou, GLONASS, Galileo, QZSS, dan NavIC, memastikan konektivitas dan serbaguna.

MediaTek Dimensity 7300X: Disesuaikan untuk Layar Ganda

MediaTek Dimensity 7300X, meskipun mirip dengan 7300, secara khusus dioptimalkan untuk Smartphone lipat dengan layar ganda. Hal ini menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk smartphone lipat generasi terbaru, seperti Motorola Razr 50 yang sudah lama ditunggu-tunggu. Chipset ini mendukung fungsi layar ganda, memungkinkan produsen menciptakan desain Smartphone yang lebih inovatif dan fleksibel.

Dimensity-7300X_dhiarcom3
Foto: MediaTek Dimensity 7300X Dari MediaTek

ISP Imagiq 950 dan Kemampuan Kamera

Baik Dimensity 7300 maupun 7300X dilengkapi MediaTek Imagiq 950 ISP, yang mendukung kamera utama hingga 200MP. ISP ini mencakup teknologi pemrosesan gambar canggih seperti HDR 12-bit, deteksi wajah Hardware, pengurangan kebisingan multi-saluran Hardware (MCNR), dan fokus otomatis semua piksel. Pengguna bisa merekam video 4K HDR berkualitas tinggi dengan rentang dinamis yang lebih luas, sehingga mudah mengambil gambar detail dan hidup bahkan dalam kondisi pencahayaan yang menantang.

Chipset ini juga meningkatkan kecepatan pemrosesan foto, dengan performa foto fokus langsung hingga 1,3 kali lebih cepat dan remastering foto hingga 1,5 kali lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya. Penyempurnaan ini memastikan bahwa pengguna dapat memanfaatkan teknologi kamera terbaru untuk pengalaman foto dan video yang sangat baik.

AI dan Konektivitas yang Ditingkatkan

Advertisements
Loading...


Kemampuan AI ditingkatkan secara signifikan dengan integrasi MediaTek APU 655, yang menawarkan kinerja AI dua kali lipat dibandingkan Dimensity 7050. APU ini mendukung tipe data presisi campuran, mengoptimalkan penggunaan bandwidth memori, dan mengurangi kebutuhan memori untuk model AI yang lebih besar. Penyempurnaan ini memungkinkan pemrosesan AI yang lebih efisien dan canggih, bermanfaat untuk berbagai aplikasi mulai dari game hingga Kamera.

Dari segi konektivitas, seri Dimensity 7300 mendukung jaringan multi-mode 2G, 3G, 4G, dan 5G, dengan agregasi operator (CA) 5G menyediakan koneksi yang lebih cepat. Chipset ini menawarkan efisiensi daya antara 13-30% lebih baik pada koneksi 5G sub-6GHz, dengan kecepatan unduh mencapai hingga 3,27Gbps. Selain itu, dukungan dual SIM 5G, dual VoNR (Voice over New Radio), dan tri-band WiFi 6E semakin menyempurnakan opsi konektivitas.

Penyempurnaan Game dan konten hiburan

Optimasi HyperEngine MediaTek memastikan pengalaman bermain game yang sangat baik dengan meningkatkan pemanfaatan sumber daya dan meningkatkan kinerja GPU. Seri Dimensity 7300 menawarkan peningkatan frame per detik (FPS) sebesar 20% dengan efisiensi Daya 20% lebih besar dibandingkan pesaingnya, sehingga ideal bagi penggemar game yang menginginkan performa tinggi dan masa pakai baterai yang lama.

Chipset ini juga mendukung teknologi audio Bluetooth LE dan audio Dual-Link True Wireless Stereo (TWS), memberikan pengalaman audio berkualitas tinggi untuk bermain game dan menikmati media. Fitur-fitur ini menjadikan seri Dimensity 7300 pilihan menarik untuk aplikasi konten hiburan.

Smartphone Mendatang dengan Dimensity 7300 dan 7300X

Motorola diperkirakan akan melengkapi Motorola Razr 50, smartphone lipat clamshell terbaru mereka, dengan chipset Dimensity 7300X 5G. Ponsel ini baru-baru ini terlihat di Geekbench, mencetak 1033 poin dalam tes single-core dan 2751 poin dalam tes multi-core. Selain itu, OPPO diperkirakan akan meluncurkan varian global OPPO Reno 12 5G yang ditenagai oleh SoC Dimensity 7300, menghadirkan fitur-fitur canggih ini ke khalayak yang lebih luas.

Kesimpulan

MediaTek Dimensity 7300 dan Dimensity 7300X mewakili langkah maju yang signifikan dalam teknologi pemrosesan seluler, menawarkan peningkatan yang mengesankan dalam efisiensi daya, kemampuan AI, dan konektivitas. Dengan dukungan teknologi kamera canggih, tampilan dengan kecepatan refresh tinggi, dan opsi konektivitas , chipset ini dirancang untuk mendukung ponsel pintar kelas menengah generasi berikutnya, menghadirkan peningkatan kinerja dan pengalaman pengguna. Ketika produsen seperti Motorola dan OPPO mengadopsi chipset ini pada Smartphone mereka yang akan datang, konsumen bisa menantikan era baru smartphone berperforma tinggi dan hemat Daya.

Apa pendapat kamu tentang seri MediaTek Dimensity 7300 yang baru? Bagikan pendapat kamu di kolom komentar di bawah!

Review: HAPE BIKIN CANTIK! VLOG Mediatek P90 di China



Jika informasi dari MediaTek Dimensity 7300, MediaTek Dimensity 7300X menarik untuk kamu, maka jangan lupa untuk Follow dan Share DHIARCOM NEWS untuk tetap terhubung dan mendapatkan notifikasi update yang lebih menarik lainnya bisa juga subscribe melalui email, Salam Indonesia

Via: Fonearena | Via: Mediatek 1,2,3

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments