Unjuk Gigi Tensor G3 di Balik Google Pixel 8 yang Segera Meluncur

0
Google Tensor G3 Specs Leak Dhiarcom3
Foto: Spek Google Pixel 8 Dari @thisistechtoday

Kita semua sudah nggak sabar nungguin Google Pixel 8 yang bakal diperkenalkan pada 4 Oktober, kan? Nah, bocoran terbaru udah ngasih tau spesifikasi dari Prosesor Google Tensor G3 baru nih. Prosesor ini kenalkan performa luar biasa untuk pembelajaran mesin dan kemampuan AI yang keren. Yuk, kita ulas bocoran spesifikasi, bandingin dapur pacu dibekali Prosesor sebelum-sebelumnya dan pesaingnya, serta dampaknya ke performa Google Pixel 8 terbaru.

Spesifikasi Google Tensor G3 yang Sudah Dikonfirmasi

Bocoran yang datang dari @ThisIsTechToday di Twitter menyebutkan, Tensor G3 kenalkan arsitektur CPU 9-core yang cukup unik. CPU ini punya satu core Cortex-X3 dengan kecepatan sampai 2,91GHz, empat core Cortex-A715 sampai 2,37GHz, dan empat core Cortex-A510 sampai 1,70GHz. Gak cuma itu, Prosesor ini dibuat pake proses 4nm dari Samsung dan pake teknologi FO-WLP, yang teoritis bisa bikin Tensor G3 lebih adem ketimbang yang sebelumnya.

Pixel 8 Pro Facebook Leaks Vietnam 1695798172573 Dhiarcom3
Foto: Spyshot Google Pixel 8 Pro Vietnam dari facebook

Tensor G3 vs. Tensor G2: Peningkatan Performa yang Diincar

Dibandingin dengan Tensor G2, yang punya 8 core, Tensor G3 diharapkan bisa bawa peningkatan performa yang lebih kenceng. Prosesor sebelumnya punya dua core Cortex-X1 dengan kecepatan sampai 2,85GHz, dua core Cortex-A78 sampai 2,3GHz, dan empat core Cortex-A55 sampai 1,80GHz. GPU juga dapet upgrade, dari Mali-G710 di G2 jadi Mali-G715 di G3, yang punya 10 core dan juga dikenal sebagai ARM Immortalis-G715.

Bandigkan Dapur Pacu Dibekali Prosesor Qualcomm dan MediaTek

Walaupun Prosesor Tensor versi sebelumnya agak kalah dibandingkan dengan Qualcomm atau MediaTek, kali ini Tensor G3 bisa jadi senjata baru buat Google. GPU Mali-G715-nya sama dengan yang ada di Prosesor MediaTek paling gahar tahun ini, yaitu Dimensity 9200 dan 9200+. Ini berarti secara teoritis, performa Tensor G3 sejajar dengan Snapdragon 8 Gen 2 dan MediaTek Dimensity 9200.

Info dan Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Advertisements
Loading...


Aplikasi Device Info HW udah digunakan buat konfirmasi spesifikasi Pixel 8 Pro, mendukung bocoran sebelumnya dari Android Authority. Tapi, kita perlu catat bahwa aplikasi ini pernah ngasih informasi yang menyesatkan tentang proses pembuatan chip, seperti kasus Tensor G2 yang salah dicantumkan sebagai desain 4nm, bukan chip 5nm.

Apa Dampaknya ke Seri Pixel 8?

Mengingat performa yang udah bisa dikonfirmasi, Tensor G3 kemungkinan bakal ngangkat performa seri Google Pixel 8 ke level baru dalam segi komputasi dan efisiensi. Meski Google mungkin nggak punya komponen CPU dan GPU paling anyar, Tensor G3 adalah dapur pacu dibekali Prosesor paling mutakhir yang pernah Google kenalkan. Ini pasti bakal bawa pembelajaran mesin dan tugas AI yang lebih smooth, dan performa smartphone keseluruhannya juga bakal makin oke.

Kesimpulan

Intinya, Google Tensor G3, dengan CPU 9-core yang unik dan GPU yang lebih baik, diharapkan bisa bawa lompatan performa yang signifikan dibandingkan pendahulunya dan bikin kompetisi jadi makin seru. Pas Pixel 8 udah hampir launching, bakal seru nih melihat bagaimana semua spesifikasi ini nanti nyata di kehidupan sehari-hari. Yuk, share pendapat dan prediksi kamu di kolom komentar di bawah ini.

Review: Google Pixel Fold 🤳🏻 Hape Lipat Termahal di Dunia‼️



Jika informasi dari Google Tensor G3 menarik untuk kamu, maka jangan lupa untuk Follow dan Share DHIARCOM NEWS untuk tetap terhubung dan mendapatkan notifikasi update yang lebih menarik lainnya bisa juga subscribe melalui email, Salam Indonesia

Sumber: @thisistechtoday|Via: Androidauthority

Tinggalkan Balasan

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments