Tidak Ada Fitur Scoped Storage Untuk Android Q, Fitur Ditunda Hingga Android R (2020)

0
407

Android Q akan segera hadir, muncul dengan beberapa fitur baru. Salah satu yang menarik banyak perhatian adalah Scoped Storage, metode baru untuk penanganan izin sebuah aplikasi. Namun, karena banyak kritikan (terutama dari pengembang aplikasi), Scoped Storage tidak akan ada di Android Q. Sebaliknya, Namun fitur tersebut akan dirilis di Android R tahun depan.

Singkatnya, Scoped Storage menjalankan aplikasi dalam mode “sandbox” tersendiri. Biasanya, aplikasi Android akan meminta izin akses tertentu untuk berinteraksi dengan berbagai perangkat keras ponsel(katakan fungsi pemanggilan atau fungsi kamera) atau sistem file. Scoped Storage berupaya memecahkan banyak masalah privasi yang telah mengganggu OS Google selama hampir satu dekade dengan memuat aplikasi di dalam partisi penyimpanan terbatas mereka sendiri.

Maksud di balik Scoped Storage baik dan lebih berfokus pada privasi dan keamanan. Namun, eksekusi fitur ini mendapat banyak kritikan, terutama dari pengembang aplikasi.

Aplikasi yang dirancang untuk versi OS sebelumnya (Android 9 Pie ke bawah) tidak kompatibel dengan Scoped Storage. Untuk itu, Android Q beta terbaru menyertakan “mode kompatibilitas” untuk aplikasi lawas yang belum dirancang untuk dapat mengimplementasikan Penyimpanan Scoped, yang memungkinkannya berjalan seperti biasa. Sayangnya, jika aplikasi lawas ini pernah dihapus dan kemudian diinstal ulang, Scoped Storage akan merusak aplikasi.

Pengembang Android vokal dalam ketidaksukaan mereka untuk solusi yang tawarkan Scoped Storage dan telah memberi banyak umpan balik negatif ke Google. Poin paling keras adalah bahwa peluncuran Android Q yang sudah dekat tidak memberikan pengembang aplikasi cukup waktu untuk memperlengkapi kembali aplikasi mereka yang lebih lama agar kompatibel dengan Scoped Storage.

Sebagai tanggapan, Google menunda peluncuran resmi Penyimpanan Scoped hingga Android R diluncurkan pada tahun 2020. Google percaya ini akan memberi pengembang aplikasi cukup waktu untuk mengadopsi standar baru dan menyesuaikan aplikasi mereka sesuai kebutuhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here