Sony Xperia 1 VI dan 10 VI: Smartphone Flagship dan Kelas Menengah Terbaru dengan Fitur Unggulan

0
Xperia-1-VI_dhiarcom3
Foto: Sony Xperia 1 VI Dari Sony

Sony baru saja meluncurkan smartphone Xperia terbarunya, Xperia 1 VI dan Xperia 10 VI, bawa pembaruan signifikan baik di segmen Flagship maupun kelas menengah. Peluncuran ini menghadirkan peningkatan penting dan fitur baru dalam desain, kinerja, dan teknologi kamera. Mari kita lihat detail lengkap dari kedua Smartphone baru ini.

Spesifikasi dan Fitur Sony Xperia 1 VI

Sony Xperia 1 VI melanjutkan komitmen Sony dalam menghadirkan Smartphone berperforma tinggi dengan fitur premium. Xperia 1 VI dibekali prosesor Snapdragon 8 Gen 3 terbaru, dipasangkan dengan RAM LPDDR5X hingga 12GB dan penyimpanan UFS 4.0 256GB. Ada juga varian dengan penyimpanan 512GB yang tersedia di Jepang dan Asia Timur, dan penyimpanan dapat diperluas hingga 1,5TB melalui kartu microSD. Smartphone ini dilengkapi sistem pendingin ruang uap untuk mempertahankan kinerja optimal selama tugas intensif.

Desain dan Tampilan Sony Xperia 1 VI

Dari segi desain, Xperia 1 VI mempertahankan pendekatan minimalis Sony dengan desain kotak, tepi datar, dan bagian belakang rata. Layar OLED FHD+ 6,5 inci (1080 x 2340 piksel) mendukung kecepatan refresh variabel mulai dari 1Hz hingga 120Hz, memberikan performa layar yang halus dan adaptif. Layar ini bersertifikasi HDR, mencakup gamut warna DCI-P3 penuh, dan dilengkapi teknologi X1 untuk seluler. Ia juga dilengkapi perlindungan Corning Gorilla Glass Victus 2 untuk meningkatkan daya tahan.

Sistem Kamera Sony Xperia 1 VI

Pengaturan kamera pada Xperia 1 VI adalah yang paling menonjol, menampilkan sensor Exmor T utama 48MP dengan ukuran 1/1.3.5 dan aperture f/1.9, mendukung Hybrid OIS dan EIS. Kamera ultra wide 12MP memiliki aperture f/2.2 dan panjang fokus 16mm, sedangkan kamera telefoto menawarkan lensa zoom optik 85mm-170mm, yang mampu melakukan zoom optik 3,5x hingga 7,1x dan zoom hybrid 21,3x. Semua kamera belakang dilengkapi dengan lensa berlapis ZEISS T*. Kamera depannya bersensor 12MP dengan aperture f/2.0, mendukung perekaman video 4K pada 120FPS.

Audio dan Baterai Sony Xperia 1 VI

Fitur audio mencakup speaker stereo depan dengan bass yang ditingkatkan, kejernihan, dan penyebaran suara. Ini mendukung teknologi seperti 360 Reality Audio, decoding Hardware 360 Reality Audio, 360 Spatial Sound, Dolby Atmos, LDAC, DSEE Ultimate, Qualcomm aptX HD audio, dan LE Audio. Smartphone ini juga dilengkapi jack headphone 3,5 mm. Baterai 5.000mAh dikemas oleh pengisian cepat USB PD 30W dan pengisian daya Nirkabel Qi.

Konektivitas dan Software Sony Xperia 1 VI

Pilihan konektivitas untuk Xperia 1 VI mencakup 5G, 4G VoLTE, Wi-Fi 6E 802.11 ax, Bluetooth 5.4 LE, GPS, GLONASS, port USB 3.2 Type-C, NFC, dan sensor sidik jari yang dipasang di samping. Ini berjalan pada Android 14, dan Sony menjanjikan tiga upgrade OS besar dan update keamanan selama empat tahun.

Xperia-10-VI_dhiarcom3
Foto: Sony Xperia 10 VI Dari Sony

Spesifikasi dan Fitur Sony Xperia 10 VI

Advertisements
Loading...


Sony Xperia 10 VI, versi kelas menengahnya, dilengkapi prosesor Snapdragon 6 Gen 1, RAM 8GB, dan penyimpanan 128GB yang dapat diperluas. Smartphone ini menampilkan layar OLED Triluminous 6,1 inci dengan resolusi FHD+ dan kecepatan refresh 60Hz, dilindungi oleh Corning Gorilla Glass Victus. Smartphone ini bersertifikasi IP68 untuk ketahanan terhadap debu dan air, serta dilengkapi pemindai sidik jari yang dipasang di samping dan tertanam di tombol daya.

Desain dan Kamera Sony Xperia 10 VI

Xperia 10 VI memiliki desain minimalis dengan area berbentuk pil di bagian belakang yang menampung pengaturan kamera ganda. Pengaturan ini mencakup sensor utama 48MP dengan OIS dan lensa sudut ultra wide 8MP. Kamera menghadap ke depan adalah sensor 8MP. Berbeda dengan pendahulunya, Xperia 10 VI tidak menyertakan lensa telefoto.

Audio dan Baterai Sony Xperia 10 VI

Fitur audio mencakup speaker stereo depan dengan 360 Reality Audio Certified, DSEE Ultimate, perekaman stereo, dan adaptif aptX. Smartphone ini ditenagai baterai 5.000mAh dengan dukungan pengisian cepat 30W.

Konektivitas dan Software Sony Xperia 10 VI

Xperia 10 VI berjalan pada Android 14, dengan jaminan pembaruan OS selama tiga tahun dan patch keamanan selama empat tahun. Opsi konektivitas mencakup 5G, dukungan dual SIM, dan berbagai fitur konektivitas standar.

Harga dan Ketersediaan

Sony Xperia 1 VI dibanderol dengan harga EUR 1.299 (sekitar Rp 22 jutaan) untuk model penyimpanan 12GB RAM + 256GB dan tersedia dalam warna Hitam, Platinum Silver, dan Khaki Green. Xperia 10 VI dibanderol dengan harga EUR 399 (sekitar Rp 6,9 juta) untuk model RAM 8GB + 128GB, ditawarkan dalam warna Hitam, Biru, dan Putih. Kedua model tersedia untuk pre-order di Eropa, dengan Xperia 1 VI mulai dijual mulai 6 Juni dan Xperia 10 VI tersedia mulai 10 Juni.

Sony terus menghadirkan smartphone inovatif dan berkualitas tinggi dengan peluncuran Xperia 1 VI dan Xperia 10 VI. Dengan fitur-fitur canggih, kinerja tangguh, dan komitmen terhadap pembaruan Software, Smartphone ini melayani berbagai macam kebutuhan pengguna yang mencari opsi premium dan kelas menengah.

Review: Mic Untuk Kamera VLOG Yang Bagus‼️ Sony Mic ECM-G1 👈🏻



Jika informasi dari Sony Xperia 1 VI, Sony Xperia 10 VI menarik untuk kamu, maka jangan lupa untuk Follow dan Share DHIARCOM NEWS untuk tetap terhubung dan mendapatkan notifikasi update yang lebih menarik lainnya bisa juga subscribe melalui email, Salam Indonesia

Sumber: Sony.co.uk 1,2|Via: Gsmarena

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments