Snapdragon 8s Gen 3 Diluncurkan: AI Lebih Cerdas, Gaming Makin Kencang, dan Konektivitas Ultra-Cepat!

0
8s-gen-3-smaller-shadow_dhiarcom3
Foto: Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3 Dari Qualcomm

Gaess, baru aja Qualcomm ngasih kabar hangat tentang Snapdragon 8s Gen 3, sebuah prosesor yang ngeganti trend buat smartphone flagship tahun 2024. Dengan seabrek fitur canggih kayak kemampuan AI yang makin pintar, dukungan buat kamera 200 Megapiksel, plus upgrade buat gaming dan konektivitas, Snapdragon 8s Gen 3 ini datang sebagai pilihan yang nggak hanya keren tapi juga lebih nyaman untuk di kantong dibandingkan yang sebelumnya, Snapdragon 8 Gen 3.

Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3: peluncuran dan ketersediaan Handphone

Dibikin dengan teknologi 4nm, Snapdragon 8s Gen 3 ini punya susunan CPU octa-core yang termasuk core utama Cortex-X4 dengan kecepatan 3,0GHz, ditambah empat core yang fokus di performa dan tiga core yang irit Daya. Qualcomm udah bilang nih, smartphone yang dapur pacunya ditenagai oleh prosesor ini dari brand-brand top seperti Honor, iQoo, Redmi, Realme, dan Xiaomi mulai ramai dibahas di pasar akhir bulan ini. Tapi, detail tentang smartphone pertama yang pake prosesor ini masih jadi rahasia.

Spesifikasi dan Fitur Teknis

Dari segi teknis, Snapdragon 8s Gen 3 ini memang layak dapet spotlight. Dengan dukungan memori LPDDR5x sampai 24GB, storage jenis UFS 4.0, dan GPU Adreno terbaru yang bikin gaming HDR jadi makin asyik dengan ray tracing yang diakselerasi hardware. Gak cuma itu, prosesor ini juga support lebih dari 30 fitur AI generatif sampai 10 miliar parameter, termasuk spek kekinian kayak Gemini Nano, Llama 2, dan Baichuan-7B. Ini artinya, kita bisa dapetin banyak fitur berbasis AI, mulai dari bikin konten sampai foto dan pengenal wajah berbasis AI, yang makin meningkatkan pengalaman penggunaan smartphone.

Konektivitas dan Inovasi Kamera

Konektivitasnya juga kece parah. Snapdragon 8s Gen 3 dibekali dengan modem-RF Snapdragon X70 5G, yang mendukung full banget jaringan mmWave dan Sub-6 5G, plus sistem konektivitas seluler Qualcomm FastConnect 7800 buat Wi-Fi 7 yang kebut-kebutan. Soal kamera, prosesor ini juga juara. Mendukung kamera 200 Megapiksel dan tiga konfigurasi ISP 18-bit, yang rumornya ngasih kualitas foto dan video top banget, bahkan di kondisi cahaya minim sekalipun.

Analisis Perbandingan: Snapdragon 8s Gen 3 vs. Snapdragon 8 Gen 3

Advertisements
Loading...


Meskipun Snapdragon 8s Gen 3 punya beberapa fitur yang serupa dengan kakaknya yang lebih high-end, Snapdragon 8 Gen 3, ada bedanya yang mencolok. 8s Gen 3 masih pakai teknologi GPU terbaik tahun lalu dan modem Snapdragon X70, menempatkannya sebagai versi yang sedikit lebih simpel dari 8 Gen 3, tapi tetap mampu kasih pengalaman smartphone premium. Prosesor ini tetap menjaga konfigurasi CPU yang kenceng, kemampuan AI yang mantap, dan pilihan konektivitas yang lengkap, jadi tetap menarik buat yang cari performa top dengan harga lebih miring.

Dampak Pasar dan Ekspektasi Konsumen

Kedatangan Snapdragon 8s Gen 3 di pasar kayaknya ngerubah peta persaingan smartphone flagship tahun 2024, dengan harga device antara Rp.8 Jutaan sampai Rp.12 Jutaan. Strategi harga ini dimaksudkan buat ngedefinisi ulang segmen smartphone mid-range ke atas, ngasih fitur-fitur premium ke konsumen tanpa harus ngeluarin duit lebih. Brand-brand kece kayak Honor, iQoo, Realme, Redmi, dan Xiaomi udah ikutan, menandakan minat pasar buat memanfaatkan prosesor ini demi ngasih pengalaman yang top.

Penutup: Era Baru Inovasi Smartphone Cerdas

Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3 ini bener-bener breakthrough, menggabungkan harga yang lebih terjangkau dengan fitur-fitur high-end. Peluncurannya bawa titik penting dalam dunia smartphone, yang dirumorkan bawa performa dan fitur-fitur menawan ke lebih banyak orang. Smartphone pertama yang dibekali prosesor ini dikabarkan segera diluncurkan, dan semua orang di dunia teknologi tentu nggak sabar menunggu dampaknya terhadap pasar dan pilihan konsumen di masa yang akan datang.

Dengan Snapdragon 8s Gen 3 yang mulai menggerakkan generasi selanjutnya dari smartphone unggulan, jelas Qualcomm terus mendorong batas inovasi di dunia smartphone, membawa kemajuan yang bisa dinikmati oleh berbagai kalangan.

Review: DUA FUNGSI, BISA LAPTOP & BISA TABLET‼️ Snapdragon 7c Gen 2🔥 ASUS ExpertBook B3000 Review



Jika informasi dari Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3 menarik untuk kamu, maka jangan lupa untuk Follow dan Share DHIARCOM NEWS untuk tetap terhubung dan mendapatkan notifikasi update yang lebih menarik lainnya bisa juga subscribe melalui email, Salam Indonesia

Sumber: Qualcomm, Weibo 1,2,3|Via: Gadgets360

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments