7 Tanda Ini Bisa Membuat Kamu Pengen Ganti Ponsel Android

2
2489

Seiring berjalannya waktu, Kamu akan dapati ponsel yang kamu gunakan mulai kehilangan performa terbaiknya tidak peduli seberapa baik Kamu merawatnya, lalu apa Tandanya kita harus mengganti ponsel? Nah berikut adalah beberapa Tanda utama yang mengharuskan kamu untuk menganti/meningkatkan ponsel Android dengan yang lebih baik.

1. Konsumsi Baterai Habis Dengan Cepat

Jika Kamu seorang pecandu Smartphone mungkin hal yang biasa melihat baterai ponsel Kamu pada zona merah, memang ada beberapa cara untuk meningkatkan masa pemakain baterai Kamu di Android, tetapi agak terlambat jika Kamu melihat ponsel Kamu pengisian dayannya tidak seperti dulu sebab ada masalah pada komponennya, Sederhananya seiring pemakaian komponen kimiawi baterai mulai menurun yang berarti komponen akan semakin tidak terisi, Setelah beberapa ratus kali siklus isi ulang (kira-kira satu atau dua tahun).

Baterai mungkin bisa kehilangan seperlima atau lebih batasanya untuk dapat menyimpan maksimal muatannya, Itulah mengapa penting untuk menghindari pengisian semalam suntuk untuk membatasi jumlah pengisian ulang yang tidak diperlukan.

2. Terlalu Lambat Saat Digunakan

Biasanya saat mengunakan ponsel atau tablet dengan waktu yang cukup lama, Kamu akan mulai merasakan perangkat menjadi lebih lambat siapa sih yang mau menunggu hanya untuk mendapat respon smartphone dari membuka aplikasi yang mungkin memakan waktu satu menit atau lebih.

Ada alasan mengapa ponsel Kamu mungkin menjadi lambat dan dalam banyak kasus yang paling beperan adalah usia Smartphone Kamu, Saat kamu upgrade versi Android Kamu (dengan catatan Kamu cukup beruntung untuk mendapatkan pembaruan terbaru) bisa membuat pemakaian daya yang lebih besar pada ponsel Kamu, termasuk pemakaian RAM yang lebih besar dan penggunaan CPU, Aplikasi baru yang di upgrade juga dapat menyebabkan masalah serupa, terutama pada pemakaian sumber daya yang lebih intensif, Aplikasi model Game Android sering kali menjadi biang keladinya.

Masalah lain bisa jadi jumlah aplikasi background yang dibiarkan berjalan, Semakin banyak aplikasi yang menggunakan sumber daya di background, semakin membuat ponsel kamu lambat, Solusinya Kamu dapat menutup aplikasi segera jika aplikasi yang berjalan sudah tidak kamu butuhkan saat itu.

Mengganti perangkat dengan spesifikasi yang lebih besar dapat memberi sumber daya lebih untuk dapat menyesuaikan kebutuhan perangkat lunak ponsel yang kamu perlukan saat ini baik untuk sistem internal Android atau aplikasi pihak ketiga yang Kamu instal.

3. Sistem Operasi Yang Sudah Ketinggalan Zaman.

Rilis versi OS Android baru biasanya datang setahun sekali sekitar bulan September, Dari Cupcake hingga Pie dan beberapa lainnya, versi Android baru hadir dengan nama dan fitur baru, Varian OS juga hadir dengan meningkatnya kebutuhan sumber daya ponsel Kamu.

Namun, Jika Kamu membeli smartphone high-end seperti Samsung Galaxy, Kamu mungkin mendapatkan peningkatan satu atau dua tingkat ke versi Android yang lebih baru selama masa pakainya. Namun, tidak semua pabrikan akan repot dengan ini, artinya perangkat yang Kamu pilih mungkin softwarenya menjadi usang begitu Kamu membelinya.

Bagaimana dengan tingkat keamanannya? Nah, setelah perangkat tidak lagi dibuat pabrikan mungkin tidak akan repot-repot untuk merilis pembaruan tingkat keamanan yang lebih baru, Jika Kamu khawatir tentang perangkat yang sudah ketinggalan zaman dan Kamu tidak lagi mendapatkan pembaruan maka penggantian perangkat mungkin merupakan cara terbaik yang dapat kamu pilih.

4. Aplikasi Terkini Tidak Akan Dapat Berjalan

Saat ini teknologi Realitas Virtual masih dalam tahap pengembangan namun ada beberapa aplikasi VR yang hKamul sudah tersedia untuk Android yang dapat kamu coba. Sayangnya, Kamu mungkin menemukan bahwa jenis aplikasi yang lebih baru, seperti aplikasi VR yang sangat intensif sumber daya,tidak akan berfungsi secara normal pada ponsel tipe lama, Masalah yang sama berlaku untuk game Android, Adanya peningkatan gameplay berarti tuntutan lebih besar pada pemakain RAM dan grafik internal ponsel Kamu.

5. Aplikasi Sering Rusak Tiba-Tiba

Smartphone Android adalah buatan manusia, sehingga tidak sempurna dan kadang kerusakan aplikasi yang agak aneh tidak bisa dihindari. Perangkat hardware tidak selalu menjadi penyebabnya, kadang-kadang ada sebuah bug pada aplikasi atau aplikasi dibuat dengan buruk. Dalam kasus lain, kompatibilitas Perangkat adalah masalahnya, dimana Aplikasi hanya dapat berjalan untuk ponsel paling modern misalnya.

Namun, jika Kamu memperhatikan ada aplikasi yang tiba-tiba macet di ponsel Kamu, itu bisa menjadi pertanda masalah yang lebih besar dengan Smartphone Kamu. Aplikasi mungkin macet karena kebutuhan yang mereka gunakan pada ponsel Kamu seperti RAM atau CPU tidak cukup.

Kamu mungkin temukan aplikasi crash ketika media penyimpanan pada perangkat Kamu penuh, terutama untuk aplikasi yang prosesnya sering menyimpan atau mengakses penyimpanan. Menganti perangkat baru yang menawarkan peningkatan penyimpanan dapat mengatasi masalah ini, itupun dengan catatan kamu sudah bersih-bersih data yang tidak terpakai.

6. kualitas Kamera Rendah

Di era selfie seperti ini mengharuskan memiliki kamera berkualitas tinggi di Smartphone Kamu sangat penting. Kebanyakan orang mengambil foto secara instan dengan ponsel mereka Dan ponsel terbaru dapat menghasilkan foto yang lebih baik dengan teknologi pencitraan pixel dan resolusi lensa yang makin tinggi dari hari ke hari.

Ada sedikit tips yang dapat Kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas foto Kamu jika kamera Kamu memang buruk. Aplikasi pengeditan foto dapat membantu mengoptimalkan foto Kamu, tetapi tidak dapat meningkatkan resolusinya. kualitas kamera paling jelas terlihat untuk kamera depan, yang pada masa lalu sensor dan resolusinya dapat dikatakan lebih buruk daripada kamera utama di bagian belakang.

Satu-satunya solusi jika fotografi hal yang penting bagi Kamu dengan mengganti ponsel, Perangkat yang lebih baru hadir dengan kamera yang lebih baik, baik untuk kamera depan dan belakang ini tergantung pada pilihan perangkat yang Kamu sukai atau pilih nantinya.

7. Kerusakan Perangkat

Tidak ada perangkat yang bertahan selamanya, seperti layar yang pecah, tombol yang aus, atau casing yang retak, Keausan dari pemakain juga berperan, komponen internal seperti penyimpanan flash ponsel Kamu terkadang akan gagal tanpa alasan yang jelas.

Kerusakan, baik itu dalam jangka waktu lama atau cepat akan membatasi efektivitas ponsel Kamu. Terserah Kamu untuk memutuskan apakah Kamu mau mengatasi dengan melakukan service perangkat yang rusak yang untuk dapat terus digunakan.

Beberapa komponen, seperti baterai ponsel Kamu, memiliki masa penyimpanan daya terbatas. Bagian lain, seperti CPU dan kamera akan menjadi usang seketika jika membandingkannya dengan Perangkat yang lebih baru.

Tentu saja, tidak semua orang memiliki kemampuan untuk ganti/meningkatkan smartphone mereka sesegera mungkin, Jika Kamu belum siap untuk mengantinya, Kamu dapat mengambil langkah-langkah seperti optimalisasi perangkat Android Kamu agar dapat lebih cepat jika Kamu merasakan perlambatan, jika kamu tertarik kami mungkin bisa membuatkan artikelnya, silakan sampaikan ide kamu di kolom komentar.

Jadi itulah Tanda-Tanda utama kapan kamu harus mempersiapkan penganti dari ponsel Android kamu, tentunya semua kembali pada kebutuhan kamu, apa kita masih dapat nyaman saat bekerja atau bermain dengan ponsel Android yang kita gunakan saat ini atau memang sudah saatnya digantin, Oh iya saat ini harga ponsel dengan spesifikasi yang mumpuni sudah lebih terjangkau jadi teliti sebelum membeli ya.

via1 | via2 | image source

2 KOMENTAR

  1. Semuanya ciri2nya ada di saya BG tapi saya belum kerja dan ga punya duit terus kalo sekalinya ada duit pasti di curigai sama ortu padahal duit ngumpulin

    • coba mulai berdagang online dari yang kecil-kecil dulu saja tanpa modal besar, asal kamu giat dan konsisten sama mimpi-mimpi kamu, kita yakin kamu bisa sukses 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here