Rumor Terpanas: iPhone 16 Dibekali Prosesor A18 Pro, Ngegas di Semua Varian!

0
Iphone 15 Pro 2 Dhiarcom3
Foto: iPhone 15 Pro Max Dari Apple

Kabar tentang iPhone 16 udah jadi perbincangan seru, padahal masih beberapa bulan lagi sebelum dirilis di tahun 2024. Tidak seperti biasanya, kali ini seri teranyar dari Apple ini kabarnya akan dibekali dapur pacu Prosesor A18 yang nggak main-main di semua varian. Jeff Pu, analis rantai pasokan Apple yang namanya udah lumayan beken, kenalkan kita ke detailnya. Yuk, kita telusuri kenapa iPhone 16 ini jadi sesuatu yang beda.

Strategi Dapur Pacu: Bikin Semua Varian Makin Gahar!

Selama ini, Apple biasanya bedakan iPhone varian biasa dan varian Pro dari sisi prosesor. Nah, berdasarkan bocoran dari Jeff Pu yang emang udah terpercaya, strategi ini tampaknya berubah total. Semua varian iPhone 16 rencananya dibekali Prosesor seri A18. Jadi, baik iPhone 16 standar maupun iPhone 16 Plus akan bawa dapur pacu dibekali Prosesor A18 Bionic terbaru. Sementara itu, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max menawarkan dapur pacu dibekali SoC A18 Pro.

Naming dan Strategi Pemasaran

Sampai sekarang, kata “Bionic” selalu ada di nama prosesor Apple, terakhir di A17 Pro. Ada rumor yang mengatakan Apple mungkin masih akan gunakan penamaan A17 Bionic dan A18 Pro untuk seri tahun depan. Tapi, masih ada satu tahun lagi sebelum iPhone 16 rilis, jadi masih ada kemungkinan perubahan di sana-sini. Jadi, kita tunggu aja deh gimana Apple pasarkan chip A18-nya.

Teknologi Baru: Proses N3E 3nm

Jeff Pu ngasih bocoran kalau dapur pacu dibekali Prosesor A18 ini dibuat dengan teknologi chip 3nm generasi ke-2 dari TSMC, yang diberi nama keren N3E. Teknologi ini diharapkan lebih efisien dan hemat duit dibanding proses N3B 3nm generasi pertama yang dipake di Prosesor A17 Pro. Plus, teknologi N3E ini memungkinkan transistor lebih banyak masuk dalam ruang yang sama, hasilnya? Power lebih besar dan efisiensi lebih oke, jadi baterai juga jadi lebih awet.

Mengenang Masa Lalu: Tren Sebelumnya

Advertisements
Loading...


Varian iPhone 14 dan iPhone 15 sebelumnya memakai prosesor dari tahun sebelumnya untuk varian biasa. Misalnya, iPhone 15 punya empat varian, dengan varian standar dibekali dapur pacu Prosesor A16 Bionic dari tahun sebelumnya, sementara varian Pro pakai A17 Pro terbaru. Sekarang, Apple sepertinya siap bikin gebrakan dengan memakai Prosesor terbaru di semua varian iPhone 16.

Apple Iphone 15 Pro Iphone 15 Pro Max Dhiarcom3
Foto: iPhone 15 Pro Max Dari Apple

Apple vs Android: Siapa Lebih Unggul?

Apple selama ini memang jadi pelopor soal performa dapur pacu, dengan Prosesor A17 Pro mereka yang bisa menyalip chip high-end dari Qualcomm di smartphone Android premium. Dengan dapur pacu Prosesor A18 di semua varian iPhone 16, kemungkinan Apple makin jauh ninggalin Android, terutama karena Prosesor A18 ini dibuat dengan teknologi 3nm generasi ke-2 yang lebih canggih.

Kesimpulan

Apple bikin perombakan besar di lini iPhone 16-nya, meratakan level antara varian biasa dan Pro dengan memperkenalkan dapur pacu Prosesor A18. Kombinasi ini, ditambah lagi dengan teknologi chip N3E 3nm generasi ke-2, bikin iPhone 16 ini jadi milestone baru di dunia smartphone. Semakin dekat ke tanggal rilis, semakin banyak detail yang terungkap dan tambahin kehebohan kita semua. Gimana pendapat kamu tentang langkah baru Apple ini? Yuk, share pendapat kamu di kolom komentar di bawah!

Review: 2,3jtan.. Solusi Mic Wireless Untuk iPhone‼️ Hollyland Lark C1



Jika informasi dari iPhone 16 menarik untuk kamu, maka jangan lupa untuk Follow dan Share DHIARCOM NEWS untuk tetap terhubung dan mendapatkan notifikasi update yang lebih menarik lainnya bisa juga subscribe melalui email, Salam Indonesia

Via|Sumber: 9to5mac, Macrumors, Wccftech

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments