MIUI 15 vs. MiOS: Apa yang Harus Diketahui Tentang Smartphone Xiaomi Baru?

0
Mios Dhiarcom3
Foto: MiOS dari Weibo

Sedang heboh nih, gosip-gosip mengenai rencana Xiaomi untuk pensiunin UI MIUI yang sudah berumur 13 tahun dan ganti dengan sistem operasi anyar yang diberi nama MiOS. Bentar, jangan percaya dulu. Artikel ini mau benerin isu itu, ngasih tau fokus asli Xiaomi di MIUI 15, dan ngupas fitur-fitur anyar yang bakal ada, termasuk support asli untuk refresh rate 120Hz. Oh iya, kita juga bakal bahas kemungkinan masa depan MiOS, terutama apakah ini bakal jadi khusus hanya di China.

MIUI 15 Masih Eksis dan Bertahan

Info dari sumber yang dikutip oleh Xiaomiui, sebuah blog spesialis info Xiaomi, bilang kalau saat ini perusahaan ini lagi sibuk uji coba internal buat MIUI 15. Ini dijadwalkan bakal launch barengan dengan seri Xiaomi 14. Dibandingin ama bocoran dari Digital Chat Station yang menyebutkan kalau MIUI 15 bakal lenyap, info ini bilang sebaliknya. MIUI 15 masih dalam uji coba yang ketat untuk beberapa Smartphone pintar, termasuk Xiaomi 13, Xiaomi 13 Ultra, Redmi K60 Pro dan MIX FOLD 3.

“Semua klaim tentang pensiunnya MIUI itu hoaks,” kata Xiaomiui. Faktanya, server resmi Xiaomi punya versi internal terbaru MIUI 15 yang, menurut sumber yang sama, akan diumumin ke publik akhir Oktober.

45349555 4207 426a 9110 A2db08538d36 Dhiarcom3
Foto: Fitur MIUI 15 dari igeekphone

Upgrade Mantap di MIUI 15

Laporan dari Igeekphone tanggal 10 Oktober mengungkap bahwa MIUI 15 bakal dapet banyak upgrade. Versi baru ini bakal optimasi semua app bawaan supaya support asli refresh rate 120Hz. Xiaomi sendiri sebelumnya kenalkan mode ekstrem di MIUI 12, yang bikin semua aplikasi dapet refresh rate 120Hz global, tujuannya buat memperkaya pengalaman user. Upgrade di MIUI 15 sepertinya bakal jadiin fitur ini standar di semua app bawaan, yang bikin respon jadi lebih responsif dan gahar.

Bagaimana Nasib MiOS?

Dari spekulasi yang dibuat oleh Digital Chat Station, MiOS bisa jadi calon pengganti MIUI. Namun, Xiaomiui ngelawan rumor itu dan menyebut semua ini cuma isu. Gizchina News juga ikut berpendapat, mengatakan kalau MiOS, meskipun jadi realitas, kemungkinan cuma akan ada di pasar China.

Advertisements
Loading...


Sampai sekarang, masih belum jelas apakah MiOS bakal jadi OS yang sepenuhnya mandiri atau cuma lapisan software di atas Android dari Google. Yang jelas, fokus Xiaomi saat ini masih berada di MIUI 15.

Persepsi Publik dan Perbandingan

Xiaomi lagi serius nih buat ubah pendapat orang tentang UI MIUI-nya yang dianggap penuh iklan. Walau MIUI sudah gak ngasih iklan selama beberapa tahun, masih ada aja yang mikir UI ini penuh iklan. MIUI 15 dan mungkin juga MiOS, bisa jadi momen penting untuk ganti persepsi ini.

Quick Analisis

Fokus Xiaomi tetap untuk memperkaya pengalaman user dengan MIUI 15, lengkapi dengan fitur yang praktis. Mengingat mereka udah stop dukungan buat Smartphone yang masih pakai OS Android 11 dengan MIUI 14, nggak heran kalau MIUI 15 jadi sangat ditunggu-tunggu. Xiaomi terus support Smartphone lamanya dengan update keamanan, menunjukkan komitmen mereka untuk kualitas dan durabilitas Smartphone.

Kesimpulan

Intinya, rumor soal transisi Xiaomi ke MiOS masih belum bisa divalidasi. Sampai info yang lebih nyata muncul, sorotan kita tetap di MIUI 15 dan fitur-fitur anyarnya. Meskipun kemungkinan MiOS masih kecil, MIUI 15 lah yang patut kita awasi. Stay tuned ya, kita bakal update info terbaru buat kamu.

Pendapat kamu tentang perkembangan software Smartphone Xiaomi di masa depan gimana? Yuk, share di kolom komentar di bawah!

Review: Xiaomi Smart Band 8, Senggol Dong Boss‼️ Kece Nih Boss😍



Jika informasi dari MIUI 15, MiOS menarik untuk kamu, maka jangan lupa untuk Follow dan Share DHIARCOM NEWS untuk tetap terhubung dan mendapatkan notifikasi update yang lebih menarik lainnya bisa juga subscribe melalui email, Salam Indonesia

Sumber: Xiaomiui|Via: Igeekphone, Gizchina

Tinggalkan Balasan

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments