ASUS ROG Ally X: Meluncur 2 Juni dengan Peningkatan Baterai dan RAM Besar!

0
ASUS-ROG-ALLY-X-HERO-1-1200x624_dhiarcom3
Foto: ASUS ROG Ally X Dari videocardz

ASUS ROG Ally X akan membuat gebrakan di komunitas game dengan peluncurannya yang sangat dinanti pada tanggal 2 Juni. Detail yang bocor memberikan gambaran komprehensif mengenai peningkatan dan fitur signifikan yang akan ditawarkan perangkat game genggam ini. Dari peningkatan baterai yang besar hingga peningkatan RAM dan tambahan port USB-C, ROG Ally X berjanji untuk mengatasi banyak kekurangan pendahulunya sambil memperkenalkan kemampuan baru. Mari kita lihat secara detail apa yang menjadikan ASUS ROG Ally X berpotensi menjadi terobosan baru.

ASUS ROG Ally X: Spesifikasi yang Diharapkan

Salah satu peningkatan paling menonjol pada ASUS ROG Ally X adalah kapasitas baterainya. Perangkat ini akan menampilkan baterai 80Wh, peningkatan yang signifikan dari baterai 40Wh pada ROG Ally pertama. Peningkatan ini diharapkan dapat melipatgandakan masa pakai baterai, memberikan gamer waktu bermain yang lebih lama tanpa harus sering mengisi ulang daya. Menurut bocoran, pengaturan baterai baru ini hanya menambah berat perangkat sekitar 70 gram dan menambah ketebalannya sebesar 5 mm, untuk menambah daya tahan.

ROG Ally X juga akan mengalami peningkatan memori yang signifikan, dilengkapi dengan RAM LPDDR5X 7500MHz sebesar 24GB, dibandingkan dengan RAM LPDDR5 6400MHz sebesar 16GB pada model saat ini. Peningkatan ini tidak hanya meningkatkan jumlah RAM tetapi juga meningkatkan kecepatannya, menjanjikan kinerja yang lebih lancar dan responsif selama sesi bermain game.

Dalam hal konektivitas, ROG Ally X diharapkan memiliki dua port USB-C—satu USB 3.2 Gen 2 Type-C dan satu USB 4 Type-C. Penambahan port USB-C kedua akan mendukung PowerDelivery 3.0 dan DisplayPort 1.4, sehingga memberikan lebih banyak fleksibilitas untuk mengisi daya dan menghubungkan ke layar eksternal.

Layarnya tetap berupa panel Full HD+ 7 inci dengan kecepatan refresh 120Hz, memastikan visual yang hidup dan gameplay yang mulus. Namun, perangkat ini akan sedikit lebih besar, dengan berat 678 gram dan ketebalan 36,9 mm, karena baterai yang lebih besar dan sistem pendingin yang ditingkatkan.

ASUS juga telah meningkatkan desain pendinginan, dilengkapi kipas yang memberikan aliran udara 10% lebih banyak meskipun 23% lebih kecil dan memiliki sirip 50% lebih tipis. Desain ini memastikan pengelolaan suhu yang efisien, menjaga performa optimal bahkan selama sesi game yang intens.

Peluncuran dan Harga ASUS ROG Ally X

Peluncuran resmi ASUS ROG Ally X dijadwalkan pada 2 Juni, dengan harga $799 (sekitar Rp 12.800.000). harga ini $100 (sekitar Rp 1.600.000) lebih mahal dibandingkan model ROG Ally saat ini, yang mencerminkan peningkatan dan penyempurnaan. Meskipun rincian harga pastinya akan dikonfirmasi pada saat peluncuran, peningkatan biaya tampaknya dapat tidak dapat dihindari mengingat peningkatan dalam masa pakai baterai, memori, dan opsi konektivitas.

ASUS ROG Ally X: Peningkatan Software

Bersamaan dengan peningkatan hardware, ASUS ROG Ally X akan meluncurkan Armory Crate SE versi 1.5 yang baru. Pembaruan Software ini menghadirkan antarmuka yang lebih bersih dan intuitif, daftar favorit untuk akses cepat ke game, tab terpisah untuk platform seperti Steam dan Epic, dan layar beranda yang dapat disesuaikan. Pengguna juga akan dapat berbagi pemetaan tombol khusus dan pengaturan game melalui fitur ekspor template profil. Pembaruan Armoury Crate SE 1.5 juga akan diluncurkan kepada pemilik ROG Ally pada bulan Juli, memastikan bahwa pengguna saat ini juga dapat memperoleh manfaat dari peningkatan ini.

ASUS-ROG-ALLY-X-SPECS-LEAK-768x725_dhiarcom3
Foto: ASUS ROG Ally X Dari videocardz

Desain Fisik dan Pengalaman Pengguna

Dari segi desain, ROG Ally X akan mempertahankan desain keseluruhan yang sama seperti pendahulunya namun dengan beberapa penyempurnaan. Perangkat baru ini akan menampilkan D-Pad Presisi, yang mampu mencapai 5 juta siklus, meningkatkan daya tahan dan daya tanggap. Selain itu, warna hitam memberikan tampilan yang elegan dan modern.

Advertisements
Loading...


ASUS telah menata ulang tata letak motherboard, yang kemungkinan akan menjauhkan pembaca kartu SD dari ventilasi panas, mengatasi masalah umum pada model awalnya. Sistem pendingin yang ditingkatkan dan baterai yang lebih besar membuat ROG Ally X sedikit lebih berat dan tebal, namun perubahan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman bermain game yang lebih baik.

Ekspektasi Kinerja

ROG Ally X akan mempertahankan chipset Ryzen Z1 Extreme yang sama seperti model awalnya. Namun, dengan peningkatan RAM dan peningkatan pendinginan, pengguna dapat mengharapkan kinerja yang lebih lancar. Perangkat ini juga akan dilengkapi slot M.2 2280, sehingga memudahkan peningkatan penyimpanan dibandingkan slot M.2 2230.

Penambahan port USB-C kedua dengan kecepatan USB4 dan manajemen suhu yang ditingkatkan memastikan ROG Ally X dapat menangani sesi permainan yang lebih berat tanpa kepanasan. Penyempurnaan ini dirancang untuk memberikan pengalaman bermain game genggam yang lebih lancar dan menyenangkan bagi para gamer.

ASUS ROG Ally X: Yang Ingin Kami Lihat

Meskipun bocoran spesifikasi dan fitur ASUS ROG Ally X sangat mengesankan, masih ada beberapa area di mana para gamer berharap untuk melihat peningkatan lebih lanjut. Pertama, penempatan pembaca kartu SD harus dioptimalkan untuk mencegah masalah panas berlebih. Selain itu, pembuangan panas yang lebih baik dan pengelolaan software yang lebih efisien dapat meningkatkan performa keseluruhan dan umur panjang perangkat.

Peningkatan baterai berdaya rendah juga ada dalam daftar keinginan, terutama bagi gamer yang memainkan judul indie atau game retro yang tidak terlalu berat melalui emulasi. Ukuran baterai yang berlipat ganda memang menjanjikan, tetapi masih harus dilihat apakah akan bersaing dengan Steam Deck dalam hal masa pakai baterai. Peningkatan Software adalah area penting lainnya, dengan pembaruan Armoury Crate SE 1.5 yang bertujuan untuk menyediakan antarmuka yang lebih nyaman untuk pengguna dan fungsional.

Komitmen ASUS untuk selalu memperbarui ROG Ally dengan teknologi baru dan peningkatan kinerja patut diacungi jempol. ROG Ally X yang akan datang akan mendapatkan manfaat dari dukungan terus-menerus ini, memastikan bahwa pengguna memiliki akses terhadap kemajuan terkini dalam teknologi game.

Kesimpulan

ASUS ROG Ally X siap memberikan peningkatan yang signifikan dibandingkan pendahulunya, mengatasi masalah utama dan memperkenalkan beberapa fitur baru. Dengan baterai yang lebih besar, RAM yang lebih besar, port USB-C tambahan, dan sistem pendingin yang ditingkatkan, ROG Ally X menjanjikan peningkatan pengalaman bermain game genggam. Peluncuran resminya pada tanggal 2 Juni akan memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai kemampuan dan harganya, namun detail yang bocor sudah menunjukkan perangkat menarik yang dapat menantang persaingan di pasar game genggam.

Mendekati tanggal rilis, para gamer sangat ingin melihat bagaimana kinerja ASUS ROG Ally X dan apakah akan memenuhi ekspektasi mereka. Dengan kombinasi peningkatan hardware dan Software, ASUS jelas mendengarkan masukan pengguna dan berupaya menghadirkan perangkat genggam yang memenuhi kebutuhan para gamer modern. Nantikan pembaruan lainnya seiring semakin dekatnya tanggal peluncuran, dan bersiaplah untuk meningkatkan pengalaman bermain game Kamu dengan ASUS ROG Ally X.

Review: Laptop Paling Tipis & Ringan di Dunia‼️ ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) Review



Jika informasi dari ASUS ROG Ally X menarik untuk kamu, maka jangan lupa untuk Follow dan Share DHIARCOM NEWS untuk tetap terhubung dan mendapatkan notifikasi update yang lebih menarik lainnya bisa juga subscribe melalui email, Salam Indonesia

Sumber: Videocardz,Theverge

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments