Apple Chip M3, M3 Pro, M3 Max: Beda Apa Saja?

0
apple-scary-fast-event_dhiarcom3
Foto: Event Apple Chip M3 dari Apple

Dalam event video bertajuk ‘Scary Fast’ yang udah ditunggu-tunggu, Apple bikin heboh dunia teknologi dengan kenalkan bukan cuma satu, tapi tiga varian chip seri M baru—M3, M3 Pro dan M3 Max. Chip ini dibekali proses 3nm per core dan beragam fitur canggih macam ray tracing yang dipercepat langsung oleh hardware. Seri chip ini dirancang buat mengejutkan dunia komputasi personal (PC), khususnya di ranah gaming.

Seri Anyar dari Apple: M3, M3 Pro dan M3 Max

Chip Apple M-series memang udah dikenal cepat dan handal, tapi seri M3 ini bawa standar itu ke level yang benar-benar baru. Semua chip di seri ini dikemas oleh proses 3nm terbaru, yang bikin Apple jadi produsen chip komputer personal (PC) pertama yang pakai teknologi sekeren ini. Kecepatan yang dihasilkan chip ini? Jangan ditanya, makin cepat tapi tetap hemat Daya.

Tak cuma itu, seri M3 juga menawarkan arsitektur GPU generasi selanjutnya. Semua varian sudah dilengkapi ray tracing yang dipercepat langsung oleh hardware pertama di dunia Mac. Apple juga nambahin fitur yang disebut Dynamic Caching, sebuah inovasi di pasar yang bikin alokasi memori jadi real-time. Plus, ada juga Mesh Shading yang membantu rendering adegan kompleks di game dan aplikasi video 3D.

apple-m3-2_dhiarcom3
Foto: Apple Chip M3 dari Apple

Bedanya Apa? M3, M3 Pro, dan M3 Max

Deretan chip M3 ini punya sesuatu buat semua orang. Walau semua chip punya fitur dasar yang mirip, masing-masing punya keistimewaan sendiri:

  • M3: Varian standar dari M3 dikemas oleh CPU 8-core dan GPU 10-core. Bisa dukung memori terpadu sampai 24 GB dan punya 25 miliar transistor.
  • M3 Pro: Versi Pro ini lebih ngegas lagi, dengan CPU 12-core dan GPU 18-core. Dukung memori terpadu sampai 36GB dan punya 37 miliar transistor. Mungkin ada versi lain dengan CPU 14 dan GPU 20 core.
  • M3 Max: Sebagai versi paling gahar, M3 Max menawarkan CPU 16-core dan GPU 40-core. Bisa dukung memori terpadu sampai 128GB dan punya 92 miliar transistor. Versi lain bisa jadi menawarkan 32 core GPU.

Ketangguhan yang Tak Ada Duanya

Menurut data dari Apple, chip M3 Pro baru ini menawarkan pemrosesan gambar yang 20% lebih cepat dibanding M2 Pro dan 40% lebih kencang dari M1 Pro. Soal rendering adegan di Cinema 4D, chip M3 Max dua kali lebih cepat dibanding M2 Max dan 2.5 kali lebih gesit dibanding M1 Max. Yang paling mantap, semua keunggulan ini didapat dengan cuma butuh setengah dari power yang digunakan generasi sebelumnya.

Kapan dan Di Mana Bisa Dapetinnya?

Advertisements
Loading...


Apple udah bilang kalo Mac pertama yang dibekali chip M3 dan M3 Pro udah bisa dipesan sekarang dan dirilis minggu depan. Tapi kalo kamu ngincer M3 Max, kamu harus sabar sampai akhir November. Soal harga, MacBook Pro 14 inci dengan chip M3 standar dijual mulai dari $1.599 (sekitar Rp. 25 jutaan).

apple-m3-1_dhiarcom3
Foto: Apple Chip M3 dari Apple

Game di Mac? Kenapa Nggak!

Salah satu highlight dari peluncuran ini adalah fokus Apple pada dunia game. Selama event, mereka unjukin cuplikan gameplay dari game seperti Baldur’s Gate 3 dan remake Myst. Keliatannya Apple serius banget pengen bikin Mac jadi mesin game yang bisa diandalkan.

Kesimpulan

Seri chip M3 baru ini bawa era baru dalam dunia komputasi personal (PC). Dengan performa yang luar biasa, fitur-fitur baru, dan fokus pada pengalaman gaming, ga heran kalo chip ini dianggap sebagai terobosan. Baik kamu yang butuh buat kerja, main game, atau kebutuhan sehari-hari, ada chip M3 yang pas buat kamu.

Penasaran dengan pendapat kamu mengenai rilis terbaru dari Apple ini. Yuk, share di kolom komentar di bawah!

Review: Dikala RAZER dan APPLE buat Main Game 🎮 Razer Khisi V2



Jika informasi dari apple m3 menarik untuk kamu, maka jangan lupa untuk Follow dan Share DHIARCOM NEWS untuk tetap terhubung dan mendapatkan notifikasi update yang lebih menarik lainnya bisa juga subscribe melalui email, Salam Indonesia

Sumber: Apple | Via: Gizguide

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments