Trump Berkata Perusahaan AS Dapat Menjual Peralatan Kepada Huawei

0
495
Presiden Donald Trump dan Presiden Xi Jinping berjabat tangan. Foto: Fred Dufour Source:AFP

Presiden Donald Trump menyatakan pada hari Sabtu bahwa kelompok AS dapat berbisnis kembali dengan telekomunikasi besar China Huawei, menunjukkan kemungkinan posisi yang lebih lembut pada titik penting dalam perjuangan perubahan perang dagang AS-Cina.

“Agen-agen AS dapat menjual perangkat mereka ke Huawei,” Trump mengatakan kepada wartawan di Osaka beberapa jam setelah menyegel gencatan senjata soal tarif dengan Presiden Cina Xi Jinping. “Kami berbicara tentang gadget yang tidak ada masalah keamanan nasional dengannya.”

AS khawatir bahwa sistem dibangun dengan menggunakan Huawei, sebagai pemimpin dalam pengadaan peralatan jaringan telekomunikasi dan kedua untuk pemasok smartphone yang bisa saja digunakan oleh pemerintah China terintegrasi untuk spionase yang rahasia “back doors”, Huawei dengan keras menyangkal hal itu dan mengatakan bahwa AS tidak pernah memberikan bukti untuk membuktikannya.

Bulan lalu Pemerintah AS mengirim Huawei ke “daftar entitas” organisasi yang dilarang menerima aditif buatan AS tanpa izin dari Washington, Tetapi Perkataan Presiden Donald Trump ini dapat dijadikan acuan untuk pasar moneter sebagai sinyal luar biasa bahwa pemerintahannya dapat terbuka untuk bernegosiasi tentang Huawei sementara pembicaraan alternatif bilateral dilanjutkan.

Namun, setiap pelunakan pada Huawei harus dipenuhi resistensi dari bipartisan kongres AS yang menyerukan garis keras di perusahaan. Seorang juru bicara Huawei memberi tahu AFP bahwa perusahaan saat ini tidak memiliki komentar.

Trump telah mengenakan tarif sebesar dua Ratus miliar dolar untuk impor Cina yang memungkinkan untuk memaksa Beijing menjadi barang proteksi intelektual dan reformasi perangkat pembelian dan penjualan lainnya, Washington katakan memberi Cina keuntungan sangat besar yang tidak adil.

Tapi Trump dan Xi membuat kesepakatan gencatan senjata pada hari Sabtu, dengan Washington berjanji untuk mempertahankan tarif tambahan dan keduanya setuju untuk memulai kembali perundingan perdagangan, Sebelumnya The Wall Street Journal telah mengatakan minggu ini bahwa Xi berencana untuk meminta Trump di Osaka untuk mempermudah Huawei sebagai prasyarat untuk menandatangani kemungkinan kesepakatan perubahan.

Ditanya oleh wartawan di Osaka tentang apa yang kemudian dibahas tentang Huawei, seorang pejabat kementerian luar negeri Cina menyatakan ia tidak mengetahuinya, namun Cina mungkin akan
menyambut pencabutan larangan Amerika Serikat.


“Menerapkan peraturan tentang pembatasan teknologi akan menyebabkan keadaan dimana semua pihak kalah. Jadi jika AS mencabut sanksi, kami akan menyambut baik itu, “Perkataan resmi, Wang Xiaolong.

source 1, 2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here