Snapdragon 7 Gen 3: Kombinasi Sempurna CPU, GPU, dan AI Untuk Mid-Range

0
Qualcomm-Snapdragon-7-Gen-3_dhiarcom3
Foto: Snapdragon 7 Gen 3 Qualcomm

Qualcomm baru aja mengumumkan Snapdragon 7 Gen 3, Prosesornya yang terbaru buat seri 7 Mid-Range. Prosesor ini menggantikan Snapdragon 7 Gen 2 dan bawa banyak peningkatan keren di CPU, GPU, kemampuan AI, dan efisiensi power. Ini adalah langkah maju banget buat seri Prosesor Qualcomm, yang sekarang punya lebih banyak fitur yang keren buat handphone pintar Mid-Range.

Performa Snapdragon 7 Gen 3 yang Tinggi

Prosesor Snapdragon 7 Gen 3 ini dikabarkan punya CPU yang 15% lebih cepat dan GPU yang 50% lebih kuat dari Snapdragon 7 Gen 1. Prosesor ini dibuat pake proses 4nm dari TSMC. Jadi, Prosesor ini punya arsitektur CPU 1+3+4, dengan core utama yang kecepatannya 2,63GHz, Bikin peningkatan performa AI per watt sebesar 60% dan efisiensi power sebesar 20%.

Peningkatan di Konektivitas dan kamera

SoC baru ini punya Modem X63 5G yang kecepatan downloadnya bisa sampe 5Gbps. Plus, juga mendukung standar USB 3.1 Gen 2, jadi transfer datanya cepet banget. ISP Qualcomm Spectranya bisa ambil foto sampe 200 Megapiksel dan video 4K. Prosesor ini juga dukung layar resolusi WFHD+ dengan refresh rate 168Hz atau WQHD+ dengan 120Hz.

AI dan Gaming yang Makin Oke

NPU Hexagon di Prosesor ini meningkatkan performa jaringan AI. AI Engine-nya bikin performa AI jadi lebih bagus, cocok banget buat aplikasi dan game yang pake AI. GPU Adreno-nya juga dukung berbagai API, termasuk OpenGL ES 3.2, OpenCL 2.0 FP, dan Vulkan 1.3, jadi bisa kasih pengalaman gaming yang seru.

Perbandingan dengan Snapdragon 7 Gen 2

Meski posisinya sebagai Prosesor Mid-Range, Snapdragon 7 Gen 3 punya beberapa fitur unggulan dibanding Snapdragon 7+ Gen 2. Misalnya, ada Modem X63 5G dan dukungan untuk USB 3.1 Gen 2. Tapi, Snapdragon 7+ Gen 2 masih jadi chip seri 7 yang paling kuat kalau bicara soal kecepatan CPU.

Qualcomm-Snapdragon-7-Gen-3-Features_dhiarcom3
Foto: Fitur Snapdragon 7 Gen 3 Qualcomm

Handphone-Handphone Baru dengan Snapdragon 7 Gen 3

Advertisements
Loading...


Qualcomm bilang bahwa smartphone pertama yang pake Snapdragon 7 Gen 3 diluncurkan akhir bulan ini. OEM kayak Honor dan Vivo jadi yang pertama masukin Prosesor ini ke handphone mereka. Honor 100, termasuk seri Pro, rumornya pake Snapdragon 7 Gen 3, sementara seri Pro pake Snapdragon 8 Gen 2.

Pengalaman Pengguna yang Seimbang

Prosesor Snapdragon 7 Gen 3 dirancang buat kasih pengalaman yang seimbang antara performa dan efisiensi power. AI dan fitur manajemen powernya disesuaikan buat kebutuhanan handphone pintar modern, khususnya buat yang suka main game dan konten hiburan.

Konektivitas dan Dukungan Layar

SoC ini punya sistem konektivitas FastConnect 6700 Mobile yang dukung Wi-Fi 6/6E dan Bluetooth 5.3. Plus, juga ada dukungan sistem satelit yang lengkap, termasuk QZSS, Galileo, Beidou, GLONASS, NavIC, dan GPS. Kemampuan dukungan layar dari Snapdragon 7 Gen 3 cocok buat berbagai jenis handphone pintar.

Dampak di Pasar Handphone

peluncuran Snapdragon 7 Gen 3 memberikan dampak yang besar di pasar handphone pintar Mid-Range. Handphone yang pake Prosesor ini bawa performa yang meningkat, konektivitas yang lebih bagus, dan kemampuan kamera tingkat lanjut dengan harga yang kompetitif. Pemakaian Prosesor ini oleh Honor dan Vivo menegaskan potensinya di segmen ini.

Kesimpulan

SoC Qualcomm Snapdragon 7 Gen 3 mewakili kemajuan yang oke banget dalam seri Prosesor 7 dari Qualcomm, bawa peningkatan performa dan fitur baru buat handphone pintar Mid-Range. Kita lihat gimana nih perbandingannya dengan pendahulunya dan pesaingnya. Apa ekspektasi kamu terhadap smartphone yang pake Snapdragon 7 Gen 3? Yuk, bagikan pendapat kamu dan ikutan diskusi tentang perkembangan menarik di dunia teknologi seluler!

Review: DUA FUNGSI, BISA LAPTOP & BISA TABLET‼️ Snapdragon 7c Gen 2🔥 ASUS ExpertBook B3000 Review



Jika informasi dari snapdragon 7 menarik untuk kamu, maka jangan lupa untuk Follow dan Share DHIARCOM NEWS untuk tetap terhubung dan mendapatkan notifikasi update yang lebih menarik lainnya bisa juga subscribe melalui email, Salam Indonesia

Sumber: Qualcomm |Via: 91mobiles

Tinggalkan Balasan

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments