Rumor Samsung Galaxy Note 20, Mending 60Hz Atau 120Hz?

2
106
Galaxy Note 20
Foto: Render Galaxy Note 20 dari Pigtou
Loading...


Ada kabar yang kurang sedap buat kamu yang tunggu kehadiran Samsung Galaxy Note 20, karena rumornya hadir dengan resolusi dan refresh rate yang kurang greget, sekedar info rumor untuk perilisan dari seri Samsung Galaxy Note 20 kabarnya akan dirilis bersamaan dengan Galaxy Fold 2 dan mungkin juga dengan Samsung Galaxy Z Flip 5G pada 5 Agustus.

Layar Samsung Galaxy Note 20 (Rumor)

Kabar ini berasal dari cuitan akun Twitter UniverseIce yang memang terkenal dengan informasi rahasia tentang smartphone yang akan datang dan sudah menjadi banyak rujukan media gadget global, kali ini yang menjadi bahan berkaitan dengan bocoran informasi Samsung Galaxy Note 20, bahwa smartphone hanya akan hadir dengan resolusi layar FHD+ dan dukungan refresh rate 60Hz.

Refresh Rate 120Hz vs 60Hz

Untuk saat ini, pasar sedang menyukai layar dengan refresh rate tinggi yang menjadi tren, lalu apakah 120Hz selalu menjadi yang terbaik untuk smartphone? Istilah refresh rate, secara singkat adalah proses perhitungan berapa kali layar me-refresh gambarnya dalam satu detik, yang pada dasarnya diukur dalam Hz, misal begini ini ketika kamu melihat gambar statis, maka sebetulnya layar ponsel menggambar ulang/refresh gambar yang sama sebanyak 60 kali setiap detik.

Advertisements
Loading...


Sedangkan FPS adalah hitungan berapa banyak frame yang dimuat ke layar setiap detik, FPS terkait dengan konten apa yang sedang kamu jalankan didalam layar terutama konten gaming, idealnya jika video direkam pada 90FPS, maka kamu perlu layar dengan kecepatan refresh 90Hz agar lebih nyaman saat menontonnya.

Kelebihan dan Kekurangan Refresh Rate 120Hz

Yang pada intinnya semakin tinggi refresh rate layar smartphone maka akan semakin mulus dalam memuat konten apapun selama dibawah atau sama dengan 120FPS untuk smartphone, beberapa kelebihan refresh rate 120Hz adalah Scrolling dan animasi terasa lebih halus, mata tidak cepat mengalami kelelahan dan sisi negatinya adalah Konsumsi baterai lebih boros.

Jika benar nantinya Galaxy Note 20 hanya akan memiliki refresh rate layar 60Hz tetapi dengan harga yang terjangkau, tentu tidak masalah bukan? jika nyatanya refresh rate 60Hz sudah cukup untuk keperluan sehari-hari.

Review: 8,2jtan.. SAMSUNG GALAXY NOTE 10 LITE, Bagus Gak?



Jika informasi dari Galaxy Note 20 menarik untuk kamu, maka jangan lupa untuk Follow dan Share DHIARCOM NEWS kita yang baru agar tetap terhubung dan mendapatkan notifikasi update yang lebih menarik lainnya bisa juga subscribe melalui email, Intip juga koleksi daftar ratusan smartphone resmi yang ada di toko online indonesia jika kamu minat ya, Salam Indonesia

Sumber: Twitter, Smartprix | Via: Gizchina
New ON TikTok
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments