Rumor Baru Samsung: Hanya Dua Model untuk Seri Galaxy Tab S10?

0
Galaxy Tab S9 Size Dhiarcom3
Foto: Layar Samsung Galaxy Tab S9, Galaxy Tab S9+, Galaxy Tab S9 Ultra Dari Samsung

Samsung dilaporkan akan merombak jajaran tablet Flagshipnya dengan seri Galaxy Tab S10 mendatang. Menurut laporan terbaru, seri ini hanya akan terdiri dari dua model, Galaxy Tab S10 Plus dan Galaxy Tab S10 Ultra, bawa penyimpangan dari pendekatan tiga model yang terlihat pada perubahan sebelumnya. Langkah penting ini tampaknya bertujuan untuk lebih bersaing dengan jajaran iPad Pro Apple, terutama karena Apple kini telah mengadopsi layar OLED di tablet terbarunya.

Seri Galaxy Tab S10: Model Plus dan Ultra

Samsung, dalam upaya untuk memberikan penawaran produknya dan mungkin karena kinerja penjualan, diduga menghapus model dasar dari jajaran Galaxy Tab S10. Artinya, tidak akan ada lagi Galaxy Tab S10 “vanila” berukuran 11 inci, sehingga konsumen akan memiliki Galaxy Tab S10 Plus 12,4 inci dan Galaxy Tab S10 Ultra 14,6 inci. Keputusan untuk menghilangkan model dasar juga dapat menjadi respons terhadap peningkatan teknologi layar dan ukuran yang ditawarkan oleh Apple di jajaran iPad Pro mereka.

Bersaing dengan Apple: Tampilan dan Performa

Model iPad Pro terbaru Apple, yang dirilis Mei lalu, menampilkan layar OLED 11 inci dan 13 inci. Ini merupakan peningkatan yang signifikan karena pertama kalinya Apple menggunakan panel OLED di iPad-nya. Samsung, di sisi lain, telah mengintegrasikan layar OLED ke dalam tablet kelas atas sejak tahun 2014. Langkah untuk menghentikan model 11 inci mungkin menunjukkan bahwa Samsung berfokus pada layar yang lebih besar dan kelas atas untuk membedakan dirinya dari penawaran Apple.

Galaxy Tab S10 Plus dikabarkan memiliki layar 12,4 inci, sedangkan model Ultra akan mengusung layar 14,6 inci. Ukuran ini lebih besar dibandingkan dengan penawaran Apple saat ini, sehingga berpotensi memberi Samsung keunggulan kompetitif di pasar tablet kelas atas. Selanjutnya, model Plus dirumorkan menggunakan dapur pacu dibekali SoC MediaTek Dimensity 9300+, dan model Ultra kabarnya akan ditenagai oleh prosesor Snapdragon 8 Gen 3 secara global.

Galaxy Tab S9 Size Fitur Dhiarcom3
Foto: Desain Samsung Galaxy Tab S9, Galaxy Tab S9+, Galaxy Tab S9 Ultra Dari Samsung

Jalur Waktu Produksi dan Peluncuran

Produksi untuk Galaxy Tab S10 Plus dan Ultra akan dimulai bulan ini. Namun, model-model ini diperkirakan tidak akan diperkenalkan pada acara Samsung Galaxy Unpacked di Paris pada 10 Juli, yang sudah dipenuhi dengan pengumuman untuk perangkat lipat dan perangkat wearable baru seperti Galaxy Ring dan Galaxy Watch Ultra. Sebaliknya, tablet baru kemungkinan besar akan diluncurkan akhir tahun ini.

Konteks Sejarah dan Pergeseran penting

Strategi tablet Samsung telah berkembang selama bertahun-tahun. Seri Galaxy Tab S8, yang diperkenalkan pada tahun 2022, hadir dalam tiga model: versi dasar, Plus, dan Ultra. Tahun lalu, seri Galaxy Tab S9 melanjutkan tren ini dengan tiga ukuran berbeda: 11 inci, 12,4 inci, dan 14,6 inci. Keputusan untuk menyederhanakan jajaran produk menjadi hanya dua model pada seri Galaxy Tab S10 mencerminkan perubahan penting yang signifikan, kemungkinan didorong oleh gairah pasar dan data penjualan internal.

ipados-18-launched-apple-intelligence-2_dhiarcom3
Foto: Ipados 18 Dari Apple
Advertisements
Loading...


Model dasar Galaxy Tab S9 terkenal sebagai seri pertama yang menampilkan layar AMOLED dalam ukuran 11 inci. Hal ini membuat keputusan untuk mengeluarkan model 11 inci dari seri S10 menjadi lebih mengejutkan. Dengan berfokus pada model yang lebih besar, Samsung mungkin bertujuan untuk mengurangi persaingan internal dalam jajaran produknya, memastikan bahwa Galaxy Tab S9 FE 11 inci tetap menjadi satu-satunya pilihan ringkas yang tersedia.

Posisi Pasar dan Persaingan

Menurut firma riset pasar Canalys, Samsung adalah pembuat tablet terbesar kedua di AS, tertinggal jauh di belakang Apple. Seri Galaxy Tab S10 bertujuan untuk memposisikan tablet Samsung dengan lebih baik dibandingkan iPad Pro Apple, yang mendominasi segmen kelas atas. Dengan menawarkan layar yang lebih besar dan canggih, Samsung menargetkan pasar premium di mana kualitas dan kinerja layar menjadi nilai jual utama.

Peralihan penggunaan chipset MediaTek untuk model Plus, sambil tetap mempertahankan dapur pacu dibekali Snapdragon Qualcomm untuk model Ultra, menunjukkan diversifikasi penting dalam hal komponen hardware. Ini bisa menjadi langkah untuk mengoptimalkan kinerja dan harga di berbagai pasar dan kasus penggunaan.

Kesimpulan dan Prospek Masa Depan

Keputusan Samsung untuk menyederhanakan jajaran Galaxy Tab S10 menjadi hanya model Plus dan Ultra mencerminkan strategi terfokus untuk bersaing secara lebih efektif dengan iPad Pro Apple. Dengan menekankan tampilan yang lebih besar dan komponen dengan performa tinggi, Samsung menargetkan pasar tablet premium di mana teknologi tampilan dan kekuatan pemrosesan sangat penting. Penghapusan model dasar dan penerapan pendekatan prosesor ganda menggarisbawahi niat Samsung untuk menawarkan produk berbeda yang memenuhi kebutuhan pasar tertentu.

Saat produksi dimulai dan tanggal peluncuran semakin dekat, akan menarik untuk melihat bagaimana perubahan penting ini berdampak pada posisi Samsung di pasar tablet. Konsumen dapat mengharapkan Galaxy Tab S10 Plus dan Ultra baru untuk menawarkan alternatif menarik dibandingkan Apple iPad Pro, dengan layar lebih besar dan fitur-fitur canggih yang disesuaikan untuk pengguna kelas atas. Nantikan pembaruan selanjutnya saat Samsung bersiap meluncurkan tablet Flagship terbarunya akhir tahun ini.

Apa pendapat kamu tentang strategi tablet baru Samsung? Bagikan pendapat kamu di kolom komentar di bawah!

Review: Lebih Baru, Apa Lebih Bagus⁉️Samsung Galaxy Watch6 🤏🏻



Jika informasi dari Samsung Galaxy Tab S10 Plus, Galaxy Tab S10 Ultra menarik untuk kamu, maka jangan lupa untuk Follow dan Share DHIARCOM NEWS untuk tetap terhubung dan mendapatkan notifikasi update yang lebih menarik lainnya bisa juga subscribe melalui email, Salam Indonesia

Sumber: Naver|Via: Sammobile

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments