Qualcomm Pilih Samsung Untuk Fabrikasi Chipset Snapdragon 865

0
933

Sumber berita Korea melaporkan bahwa Qualcomm telah memilih Samsung untuk membuat chipset Snapdragon 865 bukan TSMC. Kesepakatan itu masih belum selesai tetapi dilaporkan sudah dalam tahap akhir, Sebelumnya TSMC di pilih Qualcomm untuk membuat fabrikasi chipset 7nm yaitu Snapdragon 845 dan 855, yang di ambil alih dari Samsung yang membuat 820 dan 835.

Saat ini Qualcomm percaya bahwa proses fabrikasi 7nm EUV Samsung lebih maju daripada core 7nm milik TSMC, Ada info yang beredar di Twitter bahwa akan ada dua versi Snapdragon 865 stKamur dan dengan modem X55 5G.

Samsung juga akan memproduksi chip GPU untuk Nvidia, yang telah menggunakan TSMC selama bertahun-tahun. Arsitektur Ampere yang baru pertama kali diperkenalkan untuk pabrikasi 7nm oleh samsung, kartu Turing saat ini (20xx dan 16xx) dibuat khusus oleh TSMC pada fabrikasi proses 12nm.

IBM juga telah memilih fabrikasi Samsung 7nm EUV untuk prosesor Power generasi berikutnya, Chipset unggulan Exynos berikutnya (untuk Galaxy Note10) juga diharapkan dibuat pada proses EUV ini, Samsung memiliki rencana untuk memperluas pabrik EUV untuk menangani permintaan yang meningkat, line produksi baru akan mulai diproduksi pada Februari tahun depan.

Sebagai informasi tambahan Samsung dan AMD bermitra untuk mengembangkan GPU seluler, Samsung sudah membuat beberapa chip untuk GPU-nya (misalnya RX 590), tetapi AMD tetap menggunakan TSMC untuk CPU berbasis 2 Zen baru dan kartu berbasis Navi baru (RX 5700). TSMC juga sedang sibuk membangun chipset Apple A13 dan Kirin 985.

source|via


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here