Perbedaan Oppo A3 Pro India dan China: Hape Tahan Banting dengan Modul Kamera Terbaru

0
oppo-a3-pro-5g-launched-1_dhiarcom3
Foto: Oppo A3 Pro Dari Oppo

Oppo A3 Pro baru saja diluncurkan di India pada hari Jumat. Menariknya, varian smartphone ini berbeda signifikan dari versi yang dirilis di Tiongkok pada bulan April. Beberapa perbedaannya mencakup desain dan spesifikasi, dengan perubahan paling mencolok pada modul kamera belakang. Model India hadir dengan modul kamera berbentuk pil persegi panjang, sementara versi China menggunakan modul melingkar. Oppo A3 Pro di India dilengkapi dengan sensor kamera belakang ganda 50 megapiksel dan chipset MediaTek Dimensity 6300 yang mumpuni.

Oppo A3 Pro: Harga di India, Ketersediaan

Oppo A3 Pro dibanderol dengan harga Rs. 17.999 (sekitar Rp3,3 juta) untuk varian 8GB + 128GB, dan Rs. 19.999 (sekitar Rp3,6 juta) untuk varian 8GB + 256GB. Ponsel ini sudah bisa dibeli mulai hari ini melalui toko online Oppo India, Amazon, Flipkart, dan beberapa toko retail offline tertentu.

oppo-a3-pro-5g-launched-3_dhiarcom3
Foto: Oppo A3 Pro Dari Oppo

Oppo juga mengumumkan beberapa penawaran diskon untuk peluncuran ini. Pengguna HDFC Bank, SBI Cards, IDFC First Bank, Yes Bank, dan ICICI Bank bisa memanfaatkan diskon instan hingga 10 persen untuk transaksi kartu debit dan kredit. Selain itu, calon pembeli juga bisa memanfaatkan opsi Pembayaran Tanpa Uang Muka

Oppo A3 Pro tersedia dalam dua pilihan warna: Moonlight Purple dan Starry Black yang elegan.

Oppo A3 Pro: Spesifikasi dan Fitur

Oppo A3 Pro dilengkapi layar LCD 6,67 inci dengan kecepatan refresh 120Hz, kecepatan respons sentuh 180Hz, dan tingkat kecerahan puncak mencapai 1.000 nits. Selain itu, layar ini mendukung fitur Splash Touch, memungkinkan pengguna mengoperasikan ponsel dengan tangan basah.

Ponsel ini ditenagai oleh SoC MediaTek Dimensity 6300 5G, dipadukan dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal hingga 256GB, yang bisa diperluas melalui kartu microSD. RAM juga bisa diperluas secara virtual hingga 16GB. Smartphone ini berjalan pada ColorOS 14 berbasis Android 14.

Untuk Kamera, Oppo A3 Pro dilengkapi sensor kamera belakang ganda dengan sensor utama 50 megapiksel dan kamera potret 2 megapiksel. Kamera depan memiliki sensor 8 megapiksel. Ponsel ini juga dilengkapi beberapa fitur yang didukung AI seperti AI LinkBoost untuk meningkatkan stabilitas jaringan, dan AI Eraser yang membantu menghapus objek yang tidak diinginkan dari foto.

Oppo A3 Pro dikemas dengan baterai 5.100mAh yang mendukung pengisian daya kabel SuperVOOC 45W. Ponsel ini juga memiliki peringkat IP54 untuk ketahanan terhadap debu dan percikan, serta sertifikasi SGS Drop-Resistance dan SGS Military Standard. Dengan ketebalan 7,68 mm dan berat 186 gram, ponsel ini cukup nyaman dipegang.

Paket ritel Oppo A3 Pro juga mencakup casing pelindung anti jatuh, menambah ketahanan desainnya.

Oppo A3 Pro: Perbedaan Varian India dan China

Walaupun memiliki nama yang sama, varian Oppo A3 Pro di India dan China cukup berbeda dalam hal spesifikasi dan desain. Varian India adalah penawaran kelas menengah, berbeda dengan varian Tiongkok yang memiliki spesifikasi sedikit lebih tinggi.

Advertisements
Loading...


Perbedaan yang paling menonjol adalah desain modul kamera: model India memiliki modul kamera berbentuk pil persegi panjang, sedangkan versi Tiongkok dilengkapi modul melingkar. Varian India hadir dengan pengaturan kamera belakang ganda 50 megapiksel, dibandingkan dengan konfigurasi 64 megapiksel + 2 megapiksel pada model Tiongkok. Namun, kedua varian memiliki kamera depan 8 megapiksel.

oppo_a3_pro_oppo_1_1718966911327_dhiarcom3
Foto: Kamera Oppo A3 Pro Dari Oppo

Teknologi layarnya juga berbeda. Oppo A3 Pro India mengusung layar LCD 6,67 inci dengan resolusi HD+ (1604 x 720 piksel), sedangkan versi China memiliki layar FHD+ AMOLED 6,7 inci. Meskipun teknologi layar berbeda, kedua model menawarkan kecepatan refresh 120Hz dan tingkat kecerahan tinggi.

Prosesor yang mendukung varian India adalah MediaTek Dimensity 6300, sementara model Tiongkok dilengkapi dengan MediaTek Dimensity 7050, yang menghasilkan variasi performa. Selain itu, model India memiliki baterai lebih besar, yaitu 5.100mAh dengan pengisian cepat 45W, sedangkan varian Tiongkok memiliki baterai 5.000mAh dengan pengisian cepat 67W.

Oppo A3 Pro: Fitur Tambahan

Oppo A3 Pro didesain kokoh dengan sertifikasi SGS Drop-Resistance dan SGS Military Standard, memastikan daya tahan yang tinggi. Ponsel ini juga dilengkapi sensor sidik jari di samping dan face unlock untuk keamanan.

Dari segi konektivitas, Smartphone ini mendukung Dual-SIM, 5G, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.3 LE, GPS, Glonass, Galileo, BeiDou, dan QZSS. Ia juga dilengkapi jack audio 3,5 mm dan penguat volume 300%, meningkatkan pengalaman audio pengguna.

Oppo A3 Pro juga menawarkan fungsionalitas yang ditingkatkan AI seperti AI LinkBoost untuk stabilitas jaringan yang lebih baik dan AI Eraser untuk mengedit foto. Ponsel ini dilengkapi dengan 50-Month Fluency Protection yang menjanjikan performa jangka panjang tanpa penurunan signifikan.

Kesimpulan

Oppo A3 Pro hadir sebagai pilihan kelas menengah yang solid di pasar India, dengan desain yang tangguh, layar dengan kecepatan refresh tinggi, dan chipset MediaTek Dimensity 6300 yang mumpuni. Dengan kapasitas baterai besar, kemampuan pengisian daya cepat, dan fitur-fitur yang disempurnakan dengan AI, ponsel ini memenuhi kebutuhan banyak pengguna yang mencari ponsel cerdas yang tahan lama dan mengarah pada kinerja.

Konsumen di India bisa memanfaatkan berbagai penawaran peluncuran, termasuk diskon dan opsi EMI kenaikan harga, menjadikan Oppo A3 Pro pilihan yang kompetitif di segmen harganya. Perbedaannya dengan varian Tiongkok menyoroti strategi Oppo dalam menyesuaikan penawarannya untuk pasar yang berbeda, memastikan relevansi dan daya tarik yang lebih besar.

Apa pendapat kamu tentang Oppo A3 Pro? Bagikan pendapat dan pengalamanmu di kolom komentar di bawah. Untuk ulasan lebih detail dan berita teknologi lainnya, tetap pantau melanjutkan dan melanjutkan jelajahi dunia teknologi bersama kami!

Review: Ini Nih.. Yang Katanya Juara Kamera di Foldable Phone, OPPO Find N3



Jika informasi dari Oppo A3 Pro menarik untuk kamu, maka jangan lupa untuk Follow dan Share DHIARCOM NEWS untuk tetap terhubung dan mendapatkan notifikasi update yang lebih menarik lainnya bisa juga subscribe melalui email, Salam Indonesia

Sumber: Oppo|Via: 91mobiles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments