Ngulik Snapdragon 8 Gen 4: Gak Cuma Sekedar Upgrade!

0
SnapdragonXElite_HeroImage_dhiarcom3
Foto: Snapdragon X Elite Dari Qualcomm

Gaess, ngomongin perkembangan teknologi, Qualcomm ini kayaknya gak pernah mau ketinggalan deh. Kali ini, mereka siap-siap buat ngenalin Snapdragon 8 Gen 4 di Snapdragon Summit bulan Oktober 2024. Ya, ini sih kabar yang bikin penasaran banget. Qualcomm, yang chipsetnya udah ngerajai hampir sepertiga smartphone di dunia, lagi bersiap buat bawa chipset Andalan generasi selanjutnya, Snapdragon 8 Gen 4. Dari yang kita denger, sih, chipset ini bakalan ngasih definisi baru buat performa smartphone Android kelas wahid.

Snapdragon 8 Gen 4 dari Qualcomm: Apa Sih yang Ditawarkan?

Don McGuire, si Chief Marketing Officer dari Qualcomm, baru aja ngasih tau di Mobile World Congress (MWC) 2024 di Barcelona. Lewat video yang diunggah di X (yang dulu namanya Twitter), dia bilang kalo Snapdragon 8 Gen 4 diluncurin Oktober 2024. Ini sejalan banget sama jadwal rilis yang biasanya mereka punya buat chipset Andalan mereka. Kayaknya, tradisi rilis di bulan Oktober di Snapdragon Summit di Hawaii berlanjut, deh, sama kayak Snapdragon 8 Gen 3 yang sekarang udah dipake di Samsung Galaxy S24 Ultra dan OnePlus 12.

Snapdragon 8 Gen 4 ini dijanjiin bawa CPU Oryon dari Qualcomm, yang pertama kali dikenalin tahun 2022. McGuire juga sempet cerita soal gimana CPU Oryon ini kerja sama dengan Neural Processing sensor (NPU) yang udah diperbarui, bikin kombinasi yang pastinya banyak yang nunggu-nunggu. Dengan kemajuan di AI dan efisiensi pemrosesan, Snapdragon 8 Gen 4 ini diharapin bisa jadi otak dari smartphone Android flagship generasi berikutnya, termasuk Samsung Galaxy S25, seri Xiaomi 15, dan Asus Zenfone 11.

Inovasi Teknologi dan Lonjakan Kinerja

Dengan dibekali teknologi fabrikasi 3nm TSMC yang mirip dapur pacu Prosesor A17 Pro dari Apple, Snapdragon 8 Gen 4 ini diharapin bisa bawa performa dan efisiensi Daya yang belum pernah ada sebelumnya. CPU Oryon-nya sendiri, yang diperkenalkan untuk platform Snapdragon tahun 2022, menandakan sebuah lonjakan besar dalam kemampuan pemrosesan seluler. Qualcomm juga udah nunjukkin komitmennya buat ngedorong batasan teknologi seluler lewat Snapdragon X Elite untuk PC AI, yang juga make core Oryon ini.

Advertisements
Loading...


Di MWC 2024, Qualcomm juga sempet kenalin fitur AI generatif baru buat smartphone Android, plus Qualcomm AI Hub, yang kasih akses ke lebih dari 75 spek AI yang udah dioptimalkan buat platformnya. Ini menunjukkin fokus Qualcomm buat ningkatin kemampuan AI di Smartphone seluler, bikinnya jadi lebih pinter dan responsif.

SnapdragonXEliteSummary_dhiarcom3
Foto: Snapdragon X Elite Dari Qualcomm

Impak Pasar dan Prospek ke Depan

Dengan menguasai 28 persen pasar chipset smartphone global di kuartal ketiga tahun 2023, Qualcomm masih jadi pemain utama, berada di posisi kedua setelah MediaTek. Rilis Snapdragon 8 Gen 4 ini dirumorkan bisa makin mengukuhkan posisi Qualcomm di pasar, dengan membawa platform yang makin meyakinkan buat produsen smartphone buat bikin Smartphone generasi selanjutnya.

Bocoran dan rumor seputar Snapdragon 8 Gen 4 ini menunjukkin kalo bakalan ada peningkatan yang signifikan, termasuk GPU Adreno 830, yang rumornya bisa ngalahin chip M2 Apple di benchmark grafis. Ini sih kabar gembira banget, mengingat M2 itu dibuat buat Smartphone yang lebih gede seperti Mac. Harapan buat performa gaming yang lebih mantap, kemampuan AI yang lebih canggih, dan efisiensi Daya yang lebih baik, makin bikin kita gak sabar nunggu Snapdragon 8 Gen 4 ini rilis.

Penutup: Masa Depan Teknologi Seluler yang Lebih Cerah

Snapdragon 8 Gen 4 ini kayanya jadi momen penting banget buat perkembangan teknologi seluler. Dengan rilis yang direncanain di Oktober 2024, kita semua pastinya udah gak sabar pengen liat apa sih kemajuan performa dan kemampuan smartphone cerdas ke depan. Qualcomm, dengan semua inovasinya, kayaknya bawa pengalaman baru yang levelnya beda buat pengguna di seluruh dunia. Sambil nunggu info lebih lanjut dan rilis resminya di Snapdragon Summit, Snapdragon 8 Gen 4 ini siap-siap jadi simbol kemajuan teknologi seluler, yang dirumorkan bisa bawa era baru buat smartphone yang lebih cerdas, lebih kenceng, dan tentunya lebih efisien. Masa depan komputasi seluler cerah banget nih, dengan Qualcomm yang terus memimpin jalan menuju dunia digital yang lebih terkoneksi, lebih cerdas, dan lebih menarik.

Review: Jeleger‼️Qualcomm Bikin Smartphone🔥 Jadinya Begini 😳



Jika informasi dari Qualcomm Snapdragon 8 Gen 4 menarik untuk kamu, maka jangan lupa untuk Follow dan Share DHIARCOM NEWS untuk tetap terhubung dan mendapatkan notifikasi update yang lebih menarik lainnya bisa juga subscribe melalui email, Salam Indonesia

Via: Gizmochina | Sumber: Qualcomm 1,2, Counterpointresearch

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments