Mengapa Xiaomi 14 dan 14 Pro Menjadi Ponsel Paling Ditunggu di 2023?

0
Xiaomi 13 Ultra Xiaomi 1681824617047.l.805b Dhiarcom
Foto: Xiaomi 13 Ultra Dari Xiaomi

Di tengah hingar bingar Konferensi Tahunan Qualcomm, Xiaomi siap buat sesuatu yang bikin orang penasaran. Yup, vendor asal Tiongkok ini bakal kenalkan Xiaomi 14 dan Xiaomi 14 Pro sehari pasca acara besar dari Qualcomm. Gak heran sih, hape ini jadi yang paling ditunggu, soalnya ini bakal jadi hape unggulan pertama yang dapur pacu dibekali Prosesor Snapdragon 8 Gen 3 yang kece abis. Dan ini dia ulasannya, detail-detail soal hape generasi baru dari Xiaomi.

Tanggal Rilis dan Ekspektasi

Dari rumor yang beredar, mulai dari retail hingga blogger teknologi di Tiongkok, Xiaomi 14 bakal memulai debutnya pada 27 Oktober. Ini cuma sehari setelah Konferensi Tahunan Qualcomm, yang digelar dari tanggal 24 sampai 26 Oktober 2023. Meski belum ada konfirmasi resmi, jelas banget Xiaomi pengen jadi yang pertama kenalkan hape dengan dapur pacu dibekali prosesor anyar dan mantap dari Qualcomm.

Dapur Pacu: Kenalan Sama SoC Snapdragon 8 Gen 3

Dari rumor yang ada, SoC Snapdragon 8 Gen 3 ini diperkirakan bakal jadi yang paling kenceng, ngalahin angka 2 juta di tes AnTuTu. Di tes CPU, skornya mencapai lebih dari 440.000 dan di tes GPU, skornya lebih dari 840.000. Xiaomi emang serius nih, pengen jadi vendor hape pertama yang pakai prosesor ini, buat tambah kuat posisinya di pasar hape premium.

Xiaomi 13 Ultra4.l.2000 Dhiarcom
Foto: Xiaomi 13 Ultra Dari Xiaomi

Desain dan Build Quality

Xiaomi 14 ini kabarnya bakal tampil dengan desain yang total berbeda dari generasi sebelumnya, Xiaomi 13 dan Xiaomi 13 Pro. Meski belum pasti, versi Pro katanya bakal punya frame dari titanium dan bahkan fitur konektivitas satelit. Keduanya udah dapet sertifikasi yang perlu-perlu, termasuk dari Kementerian market dan Teknologi Informasi Tiongkok. Nomor modelnya juga udah keluar, yaitu 23127PN0CC dan 23116PN5BC.

Performa Kamera

Rumor beredar bilang kamera di hape ini bakal dikolaborasikan dengan Leica dan punya tiga lensa dengan focal length yang berbeda. Versi Pro diharapkan kehadiran sensor utama 50 Megapiksel dengan ukuran sensor 1/1,28 inci dan aperture variabel mulai dari f/1.4 sampai f/4.0. Plus, kemungkinan ada juga sensor telefoto dengan zoom 5x yang bikin pengalaman motret jadi lebih komplet.

Layar dan User Interface

Advertisements
Loading...


Untuk layar, hape ini bakal booting langsung pake MIUI 15 yang berbasis Android 14. Tidak cuma itu, layarnya di kabarkan pakai teknologi AMOLED dengan resolusi 2K. Versi Pro bahkan diharapkan support refresh rate sampai 144Hz, jadi cocok banget buat gaming atau nonton video.

Paket Baterai dan Pengisian

Kalau ngomongin soal baterai, Xiaomi 14 Pro diharapkan dikemas oleh baterai 5.000mAh dengan fitur Fast Charging 120W dan wireless charging 50W. Versi standarnya, Xiaomi 14, dari rumor akan dikemas oleh baterai yang sedikit lebih kecil, yaitu 4.800mAh, tapi tetap bawa fitur Fast Charging 90W dan wireless charging 50W.

Analisanya Gimana?

Xiaomi 14 dan Xiaomi 14 Pro ini kayaknya siap buat nentuin standar baru di pasar smartphone, apalagi kalau benar bakal pakai Snapdragon 8 Gen 3. Kalau rumor ini bener, hape ini gak cuma bakal bawa performa mantap, tapi juga bakal kenalkan inovasi di desain, kamera, dan juga kapasitas baterai. Walaupun belum ada konfirmasi resmi, tapi sertifikasi untuk penjualan di Tiongkok udah ada, artinya produksi massal mungkin udah dimulai.

Kesimpulan

Seiring mendekatnya tanggal rilis, ekspektasi tentang Xiaomi 14 dan 14 Pro semakin tinggi. Kalau semua fitur yang diharapkan benar-benar ada, Xiaomi bisa jadi game changer di pasar smartphone premium. Jangan sungkan untuk sharing opini dan harapan kamu tentang proyek Xiaomi yang paling ambisius sampai saat ini.

Review: Xiaomi Smart Band 8, Senggol Dong Boss‼️ Kece Nih Boss😍



Jika informasi dari Xiaomi 14, Xiaomi 14 Pro menarik untuk kamu, maka jangan lupa untuk Follow dan Share DHIARCOM NEWS untuk tetap terhubung dan mendapatkan notifikasi update yang lebih menarik lainnya bisa juga subscribe melalui email, Salam Indonesia

Sumber: Ithome| Via: Gizmochina

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments