MediaTek Umumkan SoC Terbaru 4nm Dimensity 7200

0
Mediatek Dimensity 7200 Launch Mediatek 1676542509755.l.805b Dhiarcom
Foto: MediaTek Dimensity 7200 Dari MediaTek

MediaTek mengumumkan SoC (System-on-Chip) terbarunya, Dimensity 7200, yang merupakan prosesor canggih dengan teknologi terbaru dan spesifikasi yang lebih mumpuni. Prosesor Dimensity 7200 dibangun dengan teknologi 4nm TSMC dan dilengkapi dengan teknologi MediaTek HyperEngine 5.0, serta menyertakan AI Processing Unit (APU) merupakan teknologi bawaan dari MediaTek untuk memaksimalkan efisiensi tugas AI dan pemrosesan fusi AI. CPU octa-core di dalamnya terdiri dari dua core Arm Cortex-A715, berkecepatan hingga 2,8GHz dan enam core Cortex-A510.

Spek

MediaTek HyperEngine 5.0 menawarkan teknologi Variable Rate Shading (VRS) berbasis AI untuk efisiensi daya dan pengoptimalan yang lebih cerdas untuk proses CPU dan GPU, serta peningkatan lainnya untuk pengalaman bermain game yang lebih mulus. SoC Dimensity 7200 juga dilengkapi GPU ARM Mali G610.

MediaTek Dimensity 7200
Foto: MediaTek Dimensity 7200 Dari MediaTek/Weibo

Fitur Kamera

SoC Dimensity 7200 memiliki teknologi MediaTek Imagiq 765 dan HDR-ISP 14-bit, serta mendukung kamera utama hingga 200 Megapixel untuk fotografi dan merekam video dalam kualitas 4K HDR. Prosesor Dimensity 7200 juga memungkinkan pengambilan gambar dari dua kamera pada resolusi Full HD secara bersamaan, dengan teknologi fokus otomatis semua piksel yang dapat menjaga semuanya tetap fokus.

Untuk memastikan hasil gambar yang jernih di malam hari dan di lingkungan dengan cahaya redup, SoC Dimensity 7200 dilengkapi dengan pengurangan noise dan kompensasi gerakan bawaan. APU pada SoC Dimensity 7200 juga mendukung peningkatan kemampuan AI-Camera yang lebih kuat, seperti memperindah potret secara real-time.

Fitur Jaringan

Modem 5G Sub-6GHz standar 3GPP Release-16 yang terintegrasi pada SoC Dimensity 7200 mampu mendukung downlink hingga 4,7Gbps dan konektivitas triband Wi-Fi 6E serta Bluetooth 5.3 generasi berikutnya. Modem 5G yang sepenuhnya terintegrasi ditambah teknologi MediaTek 5G UltraSave 2.0 memastikan power seluler lebih efisien. SoC Dimensity 7200 juga mendukung 2CC Carrier Aggregation dan Dual 5G SIM dengan dual VoNR. Kemampuan Dual SIM pada SoC Dimensity 7200 memudahkan pengguna untuk memiliki dua koneksi, sehingga memudahkan untuk melakukan panggilan untuk kebutuhan pekerja dan pribadi hanya dari satu handphone.

Fitur Layar

SoC Dimensity 7200 mampu mendukung layar Full HD+ dengan refresh rate hingga 144Hz, dan dukugan fitur lain seperti MediaTek MiraVision Display dengan HDR, termasuk HDR10+, CUVA HDR dan Dolby HDR, pemutaran video AI SDR-to-HDR, serta teknologi Bluetooth LE Audio dan Dual-Link True Audio Stereo Nirkabel untuk dukungan earbud wireless.

Dimensity 7200.l.805b Dhiarcom
Foto: MediaTek Dimensity 7200 Dari MediaTek

Tersedia di Pasar pada Q1 2023

Advertisements
Loading...


Prosesor baru ini merupakan kabar baik bagi MediaTek, karena menunjukkan bahwa perusahaan terus berinvestasi pada prosesornya dan meningkatkan penawaran produknya. Dimensity 7200 SoC mendukung kamera 200 Megapixel dan layar dengan refresh rate 144Hz, menjadikannya pilihan yang menarik untuk handphone kelas menengah. Spek ini juga memiliki kecepatan clock puncak 2.8GHz, yang sangat mengesankan untuk Prosesor kelas menengah.

Dimensity 7200 vs

Dimensity 7200 SoC kemungkinan akan bersaing dengan Prosesor kelas menengah lainnya seperti Qualcomm Snapdragon 778G, Samsung Exynos 1080, dan MediaTek Dimensity 1200. tidak heran bila nantinya Prosesor baru ini akan membantu MediaTek untuk memperoleh pijakan di pasar handphone kelas menengah.

Penutup

SoC MediaTek Dimensity 7200 yang baru adalah tambahan yang mengesankan untuk keluarga seri Prosesor MediaTek Dimensity. Prosesor baru ini dilengkapi dengan banyak fitur yang membuatnya cocok untuk handphone kelas menengah dan atas. CPU dan GPU yang powerful, ditambah dengan kemampuan 5G, memungkinkan pengalaman yang mulus dan bebas lag, bahkan saat memuat aplikasi yang berat.

Selain itu, kemampuan AI Prosesor dan dukungan kamera yang ditingkatkan pastinya akan meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Dengan fitur modem dan jaringan yang canggih, Dimensity 7200 juga merupakan pilihan yang sangat baik untuk bermain game dan streaming konten.

Dengan demikian, MediaTek Dimensity 7200 SoC diharapkan dapat memberikan pengalaman high-end untuk handphone kelas menengah dan atas. Tentunya akan menarik untuk melihat bagaimana persaingannya dengan para pesaingnya di pasar.

Review: MediaTek Dimensity 9000 Bikin vivo X80 jadi Maksimal 📸🕹



Jika informasi dari MediaTek Dimensity 7200 menarik untuk kamu, maka jangan lupa untuk Follow dan Share DHIARCOM NEWS untuk tetap terhubung dan mendapatkan notifikasi update yang lebih menarik lainnya bisa juga subscribe melalui email, Salam Indonesia

Sumber: MediaTek|Via: Gizmochina

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments