Makin Sulit ARM Ikut Memotong Hubungan Bisnis Dengan Huawei

0
312

Pekan lalu heboh kabar mengenai Huawei yang ditambahkan ke Daftar Entitas pemerintah AS hasilnya adalah pelarangan perusahaan AS melakukan bisnis dengan perusahaan China. Sama seperti perusahaan teknologi Cina lainnya, Huawei juga sangat tergantung pada perusahaan AS, Seperti Google yang mencabut lisensi Android membuat Huawei tidak mungkin menawarkan layanan Google Play built-in untuk smartphone masa depannya. Awal pekan ini perusahaan mendapat waktu selama 90 hari untuk menyelesaikan bisnisnya dengan perusahaan AS.

Berbicara tentang hardware perusahaan juga harus mengumpulkan beberapa bagian komponen dari perusahaan lain di seluruh dunia untuk dapat membuat produknya. Sampai sekarang, Huawei adalah satu-satunya pabrikan smartphone Cina yang memiliki divisi chipset sendiri, Karena chipset HiSilicon Kirin diproduksi oleh TSMC yang berbasis di Taiwan, produksi di masa depan mungkin tidak akan terpengaruh oleh perintah eksekutif pemerintah AS. Masalahnya chipset Kirin didasarkan pada arsitektur ARM. Kirin 980 SoC adalah prosesor ponsel pertama di dunia dengan inti Cortex-A76 ARM.

Sekarang laporan terbaru menunjukkan ARM Holding yang berbasis di Inggris segera menghentikan kesepakatan bisnisnya dengan Huawei. Menurut BBC larangan itu sekarang ditunda 90 hari, Namun perusahaan belum menjalankan kembali operasi bisnisnya dengan perusahaan teknologi Cina Huawei yang mengharapkan dapat menimbun stok setidaknya untuk 3 bulan kedepan.

ARM Holding dikabarkan sedang mengerjakan chipset baru Kirin 985 untuk smartphone Huawei Mate 30 mendatang, Tanpa dukungan dari ARM perusahaan tidak akan dapat mengembangkan chipset baru, Penundaan dalam produksi chipset baru Kirin akan menjadi sebuah kemunduran besar pertama bagi perusahaan, Sementara Huawei bekerja dari beberapa tahun terakhir untuk membangun alternatif software, sangat tidak mungkin untuk menerapkan hal yang sama untuk bagian hardware.

source/via

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here