Intip Spesifikasi Dimensity 8300: MediaTek Bersiap untuk Peluncuran 21 November

0
D8300-launch-date_dhiarcom3
Foto: MediaTek Dimensity 8300 MediaTek

Hei, pecinta Smartphone! MediaTek, yang udah terkenal sebagai raja di dunia Prosesor, nambahin sesuatu yang keren di koleksinya: Dimensity 8300. Prosesor ini, yang termasuk kategori sub-unggulan, rencananya diluncurin tanggal 21 November di Tiongkok. Setelah sukses dengan Prosesor Dimensity 9300 yang udah ada di HP seperti Vivo X100 dan X100 Pro, kini Dimensity 8300 siap untuk ngebantu pasar yang lebih luas dengan fitur-fiturnya yang mantap tapi tetap ramah di kantong.

Spesifikasi Dimensity 8300 yang Bikin Penasaran

Kalau ngikutin rumor yang beredar, Dimensity 8300 tampil dengan satu core Cortex-X3 yang kece banget, dengan kecepatan 2,8GHz. Ditambah lagi nih, ada tiga core performa Cortex-A715 yang ngebut di 2,4GHz dan empat core efisiensi Cortex-A510 di 1,6GHz. GPU-nya, yang diperkirakan Immortalis G520 MC6 dengan frekuensi 850MHz, dijanjiin kasih performa yang top dan fleksibel. Prosesor ini, yang dibikin dengan proses N4P4nm TSMC, kayaknya punya keseimbangan yang pas antara efisiensi dan kekuatan.

Kapan Sih Rilisnya, dan HP Apa Aja yang Bawa Chip Ini?

Meski belom ada konfirmasi yang pasti soal HP spesifik mana aja yang bawa chip baru ini, tapi banyak yang menduga ada beberapa HP yang langsung pake Dimensity 8300 pas abis diumumin. Salah satu yang mungkin jadi kandidat kuat adalah Redmi K70e, yang diperkirakan pake layar OLED 1,5K dan baterai 5.500mAh, plus dukungan Fast Charging 90W.

Gimana Bandingannya dengan Chip Lain?

Dimensity 8300, dari rumor yang beredar, punya arsitektur 1+3+4 dengan core ARMv9, mirip kayak Dimensity 9300 tapi dengan kecepatan yang sedikit lebih rendah. Pilihan desain ini bikin Dimensity 8300 jadi alternatif yang oke punya tapi tetap lebih terjangkau daripada Dimensity 9300. Chip ini juga bersaing sama Snapdragon 7 Gen 3 dari Qualcomm, yang juga dirancang dengan arsitektur serupa.

Kapan Ya HP Pertama dengan Chip Baru Ini Rilis?

Advertisements
Loading...


Menurut bocoran terbaru dari WHY LAB, Prosesor Snapdragon 7 Gen 3 dan Dimensity 8300 dikenalin dalam dua minggu ke depan. Honor 100 diperkirakan jadi HP pertama yang bawa Snapdragon 7 Gen 3, sedangkan Redmi K70e kayaknya jadi kandidat utama buat Prosesor Dimensity 8300. Perilisan ini pastinya sangat ditunggu-tunggu karena nampilin pilihan baru buat smartphone Mid-Range, yang bisa mengubah dinamika pasar di segmen ini.

Snapdragon 7 Gen 2 Soc.l.805b Dhiarcom
Foto: Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 2 Dari Qualcomm

Spesifikasi Snapdragon 7 Gen 3 Gimana, Ya?

Snapdragon 7 Gen 3, menurut rumor, tampil dengan satu core utama yang kece banget dengan clock 2,63GHz, tiga core performa di 2,4GHz, dan empat core efisiensi di 1,8GHz. Prosesor ini juga diperkirakan didukung oleh GPU Adreno 720 dan dibikin dengan proses 4nm TSMC. Konfigurasi ini nunjukkin bahwa Snapdragon 7 Gen 3 kasih peningkatan performa dan efisiensi yang oke, jadi pilihan yang menarik buat smartphone Mid-Range.

Apa Aja Ya HP yang Ditunggu Pakai Prosesor Ini?

Dengan rilis Prosesor ini, ada kejutan HP baru yang masuk ke segmen Mid-Range. HP seperti Vivo S18, Vivo V30, dan OnePlus Ace 3 versi global diperkirakan bawa SoC Snapdragon 7 Gen 3. Sementara itu, Dimensity 8300 dirumorkan ngepowerin HP seperti Redmi K70e, ngebuktiin banyak pilihan buat konsumen dalam hal performa dan harga.

Kesimpulan

MediaTek Dimensity 8300 dan Qualcomm Snapdragon 7 Gen 3 yang rilis sebentar lagi jadi game-changer di pasar smartphone Mid-Range. Dengan fitur-fitur yang oke dan performa yang mantap dengan harga yang bersahabat, Prosesor ini bikin produsen HP bisa tawarin pilihan HP yang berkualitas ke lebih banyak orang. Dengan rilisnya yang makin deket, kita semua pasti nggak sabar nungguin spesifikasi resminya dan HP pertama yang bawa chip ini. Gimana nih, kalian juga penasaran? Yuk, bagi pendapat kalian di kolom komentar!

Review: MediaTek Dimensity 9000 Bikin vivo X80 jadi Maksimal 📸🕹



Jika informasi dari mediatek dim menarik untuk kamu, maka jangan lupa untuk Follow dan Share DHIARCOM NEWS untuk tetap terhubung dan mendapatkan notifikasi update yang lebih menarik lainnya bisa juga subscribe melalui email, Salam Indonesia

Sumber: Weibo|Via: Gsmarena

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments