Harga Oppo Reno 10 Jutaan, Apakah Keunggulannya?

0
89
credit image oppo.com

Banyak pilihan ponsel pintar yang bisa Anda pilih sekarang ini. Dari sekian banyak ponsel pintar, Oppo hadir sebagai salah satu produsen yang kini patut dilirik. Kehadiran Reno dan Reno 10× Zoom merupakan produk terbaru Oppo yang menjajal kelas atas. 

Khususnya pada Oppo Reno 10× Zoom menawarkan banyak spesifikasi dan keunggulan yang sangat menarik. Dilihat dari spesifikasi dan keunggulannya tentu Anda akan bertanya perihal harga Oppo Reno 10× Zoom ini. Sebelum memberikan jawaban, kami rasa Anda harus tahu spesifikasi lengkapnya.

Ponsel pintar Oppo Reno versi standar pun sebenarnya sudah menarik minat banyak pengguna, namun pamornya mendadak kalah ketiga Oppo Reno 10× Zoom hadir. Wajar saja kalah pamor karena penawaran harga Oppo Reno lebih murah ditambah spesifikasi yang ditawarkan ada di bawah Oppo Reno 10× Zoom.

Bukan berarti Anda menyimpulkan bahwa Oppo Reno berbekal spesifikasi biasa-biasa saja. Ponsel pintar satu ini mempunyai beberapa keunggulan, ya meski tetap ada sektor kekurangannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami membagikan referensi menarik sebelum Anda memutuskan membeli Oppo Reno atau Oppo Reno 10× Zoom.

Menerapkan Layar AMOLED

Seperti halnya ponsel pintar kekinian, Oppo Reno muncul dengan layar sebesar 6,4 inci. Layar tersebut menawarkan resolusi yang mumpuni: 1.080 × 2.340 piksel. Dibekali rasio 19:5:9 memungkinkan kerapatan layar Oppo Reno mencapai 387 ppi. Layar ponsel pintar ini mempunyai bezel nan tipis dan jika diperhatikan hampir semua tepi layar menyisakan bingkai tipis. Mungkin Anda dibuat bingung ketika melihat bagian depan ponsel pintar ini. Tidak ada tempat untuk kamera depan karena ponsel pintar Oppo Reno menggunakan kamera depan tersembunyi.

Layar Oppo Reno hadir menggunakan panel AMOLED yang cukup memesona. Melalui kecerahan layar sebesar 440 nits, layar ponsel pintar ini cukup cerah. Meski pada panel layarnya kalah dengan panel OLED milik Samsung, tetap saja tampilan layar Oppo Reno tergolong cerah. Kehadiran layar tersebut menuai tanggapan positif karena kualitas layar yang dihadirkan terasa lebih lega. Di samping itu, warna dari OLED Oppo Reno terlihat cerah bahkan ketika Anda gunakan di bawah terik matahari, tetap saja layarnya jelas.

Desain Oppo Reno Terlihat Kompak dan Ramping

credit image oppo.com

Oppo Reno standar memperkenalkan desain dan identitas yang serupa dengan Oppo Reno 10× Zomm. Tampilan desain yang cantik berkat build quality memberi dukungan bahwa ponsel pintar ini cukup berkelas. Ya, meski Oppo Reno mempunyai ukuran lebih pendek karena dimensi layar yang diusung hanya 6,4 inci, sedangkan Oppo Reno 10× Zoom 6,6 inci. Perbedaan layar jelas memengaruhi bodi ponsel pintar ini: terlihat lebih kompak dan ramping.

Oppo Reno pun tidak ingin kalah dengan ponsel pintar lainnya. Dengan menawarkan form factor 19:5:9 membuat Oppo Reno cukup nyaman ketika Anda genggam. Meskipun demikian, terasa kurang ketika telapak tangan Anda mudah berkeringat karena bodi belakang Oppo Reno terasa licin. Namun, Anda masih bisa mengantisipasinya dengan cara menambah casing.

Kinerja dan Kualitas Kamera Oppo Reno

credit image oppo.com

Berbekal kombinasi dual camera, tentu membuat banyak orang bertanya-tanya perihal harga Oppo Reno ini. Sabar, Anda tidak perlu khawatir soal harga. Tentunya cukup sepadan dengan kualitas kamera yang ditawarkan.

Berbekal teknologi dual camera, satu kamera utama (belakang) 48 megapiksel dengan bukaan f/1.7 dan hadirnya fitur PDAF. Sementara pada kamera kedua (swafoto/depan) memiliki efek kedalaman dengan sensor 5 megapiksel.

Penggunaan kamera 48 megapiksel pada Oppo Reno ini berdasarkan sensor Sony IMX586 Quad Bayer yang mampu menghasilkan gambar 12 megapiksel berdasarkan bawaan. Sensor yang banyak diaplikasikan pada ponsel pintar ini membuatnya berada di kelas atas. Oh iya, sensor kamera pada Oppo Reno ini diaplikasikan kepada kamera utama Oppo Reno 10× Zoom.

Bisa disimpulkan jika kamera dari ponsel pintar ini cukup berkualitas. Terlebih Anda gunakan memotret di saat kondisi cahaya terang. Kamera Oppo Reno mampu menghadirkan foto berkualitas karena ketajaman gambar yang baik. Tidak hanya itu, hasil tangkapan gambar pun cukup seimbang, tidak terlalu berwarna, dan tidak terasa cold. Kemudian, kamera Oppo Reno terdapat fitur AI Scan atau kecerdasan buatan yang mendukung kualitas foto dengan mempertahankan hasil tangkapan gambar lebih nyata.

Sementara pada kamera depan (swafoto) 5 megapiksel, kualitas foto yang dihasilkan cukup bagus apabila digunakan untuk foto potrait. Kami sudah menjajal kamera depan, dan ternyata lebih bagus digunakan pada siang hari. Warna yang dihasilkan cukup cantik serta menghasilkan detail nan berkualitas.

Walaupun kami mengatakan kamera 5 megapiksel lebih baik digunakan pada siang hari, bukan berarti hasil pada malam hari mengecewakan. Kamera 5 megapiksel ketika digunakan pada malam hari layak mendapat apresiasi. Paling tidak, hasil tangkapan kamera malam hari mampu menghasilkan detail foto yang baik. 

Ditambah pencahayaan yang dihasilkan cukup baik dan seimbang. Malah, hasil foto pada malah hari dari Oppo Reno ini bersaing dengan ponsel pintar flagship terbaik di pasaran, yang kurang tajam hasilnya. Tentu saja selama menggunakan kamera 5 megapiksel pada malam hari sebaiknya gunakan fitur mode malam Nightscape karena bisa membantu proses foto lebih baik. Fitur Nightscape mode ini  bisa menghasilkan foto malam hari yang berkualitas. Penggunaan modenya pun cukup mudah dan bisa menghasilkan foto berkualitas warnanya.

Oleh karena itu, kesimpulannya, hasil tangkapan kamera utama (belakang) Oppo Reno cukup bagus. Bisa jadi disebabkan oleh sensor 48 megapiksel yang memberikan kualitas foto lebih detail, seimbang, dan realistis.

Kapasitas Baterai dan VOOC

Sesudah berbicara panjang lebih mengenai kualitas foto, kini beralih ke kapasitas baterai Oppo Reno yang lebih kecil dibanding Oppo Reno 10 Zoom. Pada Oppo Reno 10× Zoom dibekali baterai dengan kapasitas 4.065 mAh, sedangkan Oppo Reno standar hanya berkapasitas 3.765 mAh saja. Walaupun kapasitasnya lebih kecil, daya tahan baterai yang dimiliki ponsel pintar ini cukup baik. 

Daya tahan dari Oppo Reno standar mampu bertahan selama satu hari untuk penggunaan sedang, seperti berbalas pesan hingga kegiatan berat, seperti main gim. Yang menarik malah bukan dari kapasitas baterainya, melainkan teknologi pengisian baterainya. Ponsel pintar ini menyematkan teknologi VOOC 20W yang mampu mengisi daya sangat cepat.

Apabila Oppo Reno daya baterainya tinggal 10%, hanya perlu 50 menit saja agar membuat dayanya terisi penuh. Apabila pengisian daya selama 15 bisa mengisi hingga 25% dari daya 0%. Sementara untuk mencapai daya penuh (100%), diperlukan waktu 86 menit.

Melihat perbedaan tersebut kami rasa cukup wajar mengingat kondisi pengisian data dari awal dalam persentase berbeda. Pastinya, hal tersebut menunjukkan jika Oppo Reno telah mendukung teknologi fast charger.

Harga Oppo Reno cukup sesuai dengan kualitas yang ditawarkan. Namun, antara Reno standar dengan Reno 10× harganya terpaut cukup banyak. Oppo Reno dibanderol Rp 6.999.000-an, sedangkan Reno 10× Rp 10.456.062-an.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here