Cara Mudah Percepat Android Dengan Satu Aplikasi

2
2139

Hari ini kita mendapat keluhan dari salah satu rekan yang masih bertahan dengan tablet model lama samsung galaxy tab v3 yang masih dapat digunakan untuk bermain oleh anaknya dengan memasang berbagai macam permainan salah satunya game kesukaanya minercraft, perangkat seolah tidak dapat digunakan dengan normal baik dengan wifi atau mode pesawat, kita curiga ini terjadi karena banyaknya aplikasi/game yang dipasang pada perangkat, banyak aplikasi yang ditawarkan untuk dapat mengoptimalkan hal yang semacam ini dan pilihan kita saat ini jatuh kepada Aplikasi yang bernama All-In-One Toolbox: Cleaner & Speed Booster dari pengembang AIO Software Technology.

Sepertinya namanya aplikasi ini benar-benar komplit dan memang fitur-fiturnya diperlukan untuk dapat mengoptimalkan perangkat, untuk keluhan tadi yang kita lakukan adalah seperti ini, oh iya metode ini dapat digunakan untuk perangkat baru atau lama, kami uji pada dua model perangkat yaitu samsung galaxy tab v3 dan Oppo F9 pro (untuk screnshot kami gunakan perangkat ini).

Pertama install 2 aplikasi, satu saja sebetulnya cukup hanya kami ingin fitur tambahan yang baru yaitu ad detec untuk mendeteksi ada berapa iklan yang digunakan dalam sebuah aplikasi kita dapat pilih untuk langsung kita hapus jika tidak diperlukan.

/
/

Desain Android memungkinkan aplikasi berjalan di latar belakang tanpa menghabiskan daya pemrosesan. Secara teori, aplikasi yang dirancang dengan baik hanya menggunakan sumber daya untuk periode waktu yang singkat. Sayangnya, aplikasi yang dirancang dengan buruk memanggil layanan sistem operasi yang dapat menguras baterai dan memperlambat kinerja.

Ringkas saja tentang izin aplikasi, aplikasi harus meminta izin untuk menggunakan bagian sensitif ponsel Kamu. Misalnya, aplikasi SMS perlu meminta izin untuk mengirim dan menerima pesan teks. Jika ingin dijalankan sepanjang waktu, itu memerlukan izin yang disebut jalankan saat startup, Sayangnya, Google tidak menjelaskan aplikasi mana yang berjalan saat startup, Kamu tidak dapat menonaktifkan izin ini di sebagian besar perangkat Android. Sementara banyak aplikasi autostarting berperilaku baik dan beberapa dari mereka tidak. Namun, secara umum, semakin sedikit aplikasi yang melakukan autostart, semakin baik.

Kedua setelah aplikasi terbuka pada tab home klik Boot speedup, fitur ini akan menganalisa aplikasi apa saja yang berjalan saat pertama kali Android memulai awal Boot.

/

pada contoh kasus ini, aplikasi yang biasa kita pasang dan kita sadari ada 78 aplikasi dan kesemuanya secara default berajalan saat Android memulai bootnya/startup, lihat bagian user apps. Jika aplikasinya banyak seprti ini kalian bisa disable semua dahulu lalu setelah itu enabel satu persatu yang dibutuhkan.

/

jadi apakah semua aplikasi kita matikan agar lebih cepat? tidak juga ada beberapa aplikasi yang memang kita perlukan untuk dapat berjalan saat startup, seperti laucher custome, keyboard custome, whatsapp dan beberapa aplikasi lain yang kalian butuhkan, kita hanya butuh 11 aplikasi, untuk bagian System Apps kita sarankan biarkan saja tanpa disentuh.

/

Terlalu banyak file media dan aplikasi dapat menyebabkan penuruan performa, teknologi penyimpanan ponsel atau tablet Kamu ( solid state drive ) berkinerja buruk ketika hampir penuh, maka fitur ini dapat kamu gunakan untuk mengatasi masalah pengunaa data Setelah menjalankan analisisnya, akan memberi tahu Kamu aplikasi apa yang Kamu gunakan dan media apa yang dapat Kamu hapus. Tergantung pada perangkat Kamu, ini bisa memakan waktu cukup lama dan cek dua kali dan pastikan data tidak kamu perlukan.

ketiga fitur clean fitur ini akan menganalisa beberapa file yang tidak diperlukan seperti cache pada aplikasi, ini saat kami pertama mencobanya.

/

keempat, fitur pada file manager termasuk lengkap yang kita sukai adalah fitur untuk analisa file yang duplikasi, biasanya berasal dari file download yang diulang dan kita sering temukan duplikasi pada video dan gambar dari aplikasi whatsapp, periksa dengan teliti jika memang tidak diperlukan silahkan di hapus lumayan kan untuk hemat storage.

/
/

kelima sebetulnya cukup sampai tahap empat untuk perangkat yang kami uji performanya cukup meningkat, namun jika kalian install plugin sebelumnya pada langkah pertama kalian bisa buka fiturnya pada menu Ad Detect dan akan menganalisa semua aplikasi dan berapa jenis ads yang digunakan jika aplikasi tersebut iklanya menjengkelkan lebih baik di hapus bukan?

/
/

bagian ini bonus, aplikasi juga bisa mengelola aplikasi tanpa harus membuka system android yang agak ribet jika harus pindah – pindah salah satu kelebihanya dapat menghapus beberapa aplikasi secara bertahap, dan ini benar-benar praktis satu aplikasi untuk semua kebutuhan optimalisasi

/

Jika kita hadapai perangkat yang lambat performanya tidak semua karena virus atau malware, jadi tidak perlu install aplikasi task killer atau ram booster, cukup kita pahami apa saja yang menyebabkan kinerja dapat dioptimalkan dimana dari sini ini kita fokus pada 2 hal, 1. Aplikasi yang berjalan saat startup dan ke 2. Penggunan storage internal yang perlu di jaga jangan sampai penuh.

Terahkir masih banyak fitur yang dapat kalian explore dari aplikasi ini, kamu bisa baca dokumentasi lengkapnya di playstore resminya, kita sudahi sampai disini, jika kalian mencobanya atau bahkan temukan settingan terbaik dari aplikasi ini silakan berikan komentar kalian oh iya kita tidak kenal devnya jadi jika kalian ingin bertanya-tanya silakan langsung kontak melalui situs atau play store mereka, selamat mencoba.

apk | plugin | via

2 KOMENTAR

    • hmm gimana ya, intinya kamu dapat optimalkan perangkat android kamu, dengan cara disable beberapa aplikasi yang berjalan saat boot dan jaga storage kamu jangan sampai penuh, gitu aja sih 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here