Snapdragon 8 Gen 3: Inovasi AI dan Performa di Summit Qualcomm Hawaii

0
8gen3_qualcomm_AI_dhiarcom3
Foto: Snapdragon 8 Gen 3 dari @anshelsag

Lagi nyari info komplit tentang kejutan teranyar dari Qualcomm, yakni Prosesor Snapdragon 8 Gen 3? Nah, kita ngobrolin fitur-fitur keren-kerennya, plus komparasinya dengan versi sebelumnya dan juga teknologi dari yang lain. Mulai dari AI yang canggih, upgrade di dunia gaming, sampai konektivitas yang makin mantap, Snapdragon 8 Gen 3 untuk ngerubah game di pasar smartphone Android kelas atas.

Spesifikasi dan Obrolan Teknis

Diluncurin di acara Snapdragon Summit di Hawaii, Prosesor Snapdragon 8 Gen 3 yang dibuat di node 4nm. Ini siap buat membawa generasi baru smartphone Android yang kenceng dan efisien. CPU-nya sendiri bisa nyampe 3,3 GHz di core utamanya, kabar yang beredar kalo ini bisa nambahin performa pemrosesan sampai 30% dari Snapdragon 8 Gen 2 sebelumnya. Soal efisiensi Daya, chip ini dikemas oleh 20-25% lebih irit loh. Jadi ini semacam mercusuar buat keberlanjutan di dunia komputasi yang kenceng.

Buat kamu yang doyan istilah teknis, Prosesor ini mendukung port USB 3.1 Gen 2, RAM jenis LPDDR5X, Wi-Fi 7 dengan speed sampe 5,8 Gbps dan Bluetooth 5.4. Ditambah lagi, smartphone ini nggak cuma terintegrasi dengan modem Snapdragon X75 yang udah suport 5G banget, termasuk mmWave/sub-6Ghz/SA/NSA. Kecepatan downloadnya bisa nyampe 10 Gbps dan upload sampe 3,5 Gbps.

8gen3_qualcomm_LPDDR5X_dhiarcom3
Foto: AI Snapdragon 8 Gen 3 dari @MicronTech

AI dan Pemrosesan Neural: Inilah Game Changer-nya!

Qualcomm ngasih label Snapdragon 8 Gen 3 sebagai “Titan kecerdasan di smartphone”, dan emang beneran. Chip ini dilengkapi Neural Processing sensor (NPU) yang hampir 98% lebih cepet dan 40% lebih hemat Daya. Ini bikin operasi AI jadi lebih efisien dengan performa per watt yang ga ada duanya. Mesin AI-nya sendiri bisa ngurus banyak jenis bahasa, respons dari asisten AI juga langsung dan bisa support AI generatif multimodal dengan decoding yang spekulatif. NPU ini bisa handle sampe 10 miliar parameter di smartphone, loh. Ini memberikan kemampuan AI generatif kayak difusi stabil paling cepat di dunia untuk ngasilin gambar.

Pengalaman Grafis dan Gaming

Advertisements
Loading...


Dibekali GPU Adreno terbaru, yang bikin pengalaman gaming makin seru dengan support 240 frame per detik di layar 240 Hz. GPU ini 25% lebih kenceng dan lebih irit Daya, ditambah peningkatan Ray Tracing sebesar 40%. Support dari Unreal Engine 5.2 dan Adreno Frame Motion Engine 2.0 bikin ini jadi surga bagi gamer. Kalau itu aja belum cukup, ini juga support gaming di layar eksternal sampe resolusi 8K.

Skill di kamera dan konten hiburan

Buat kamu yang suka di dunia kamera dan videografi, pasti suka deh dengan Qualcomm Spectra ISP yang support pemrosesan foto dan video dengan Segmentasi Semantik real-time (sampe 12 lapisan). Ini juga menawarkan perekaman video sampe 8K/30FPS HDR atau 4K/120FPS, dan ngambil foto sampe 200 Megapiksel. Chip ini didukung oleh Dolby HDR Photo Capture dan format video HDR lain seperti Dolby Vision, HDR10, HDR10+ dan HLG. Selain itu, fitur menarik lain seperti Penghapus Objek Video juga ada di dalamnya.

8gen3_qualcomm_xiaomi_dhiarcom3
Foto: Xiaomi 14 Snapdragon 8 Gen 3 dari @anshelsag

Handphone yang Akan Datang

Smartphone yang dibekali chip Snapdragon 8 Gen 3 ini lagi hangat dibicarakan dan segera hadir di pasaran. Beberapa brand besar seperti Asus, OnePlus, Xiaomi, Honor, iQOO, MEIZU, NIO, Nubia, OPPO, realme, Redmi, RedMagic, Sony, Vivo dan ZTE udah adopt teknologi ini untuk smartphone Andalan yang akan datang.

Kesimpulan

Dengan spesifikasi Prosesor Snapdragon 8 Gen 3, Qualcomm pengen nentuin standar baru di dunia komputasi mobile. Dari AI yang keren, pilihan konektivitas yang lebih baik, sampe performa grafis yang mantap, ini semua jadi fondasi untuk masa depan smartphone Android. Kita semua nggak sabar nih, buat ngeliat gimana dampak dari chip Snapdragon 8 Gen 3 ini ke dunia smartphone. Yuk, share pendapat dan prediksi kamu tentang teknologi inovatif ini!

Review: DUA FUNGSI, BISA LAPTOP & BISA TABLET‼️ Snapdragon 7c Gen 2🔥 ASUS ExpertBook B3000 Review



Jika informasi dari snapdragon 8 menarik untuk kamu, maka jangan lupa untuk Follow dan Share DHIARCOM NEWS untuk tetap terhubung dan mendapatkan notifikasi update yang lebih menarik lainnya bisa juga subscribe melalui email, Salam Indonesia

Via: Gsmarena | Sumber: Qualcomm

Tinggalkan Balasan

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments