Snapdragon 7s Gen 2, Prosesor 4nm yang Menjanjikan untuk Pengguna Mid-Range

0
Snapdragon 7s Gen 2 Soc 1200x675 Dhiarcom3
Foto: Snapdragon 7s Gen 2 Dari Qualcomm

Dalam dunia prosesor yang selalu bersaing, Qualcomm kembali menandai dunia dengan penawaran terbarunya: Snapdragon 7s Gen 2. Dirancang untuk menjembatani jarak antara performa dan harga, keajaiban mid-range ini siap untuk menetapkan standar baru di pasar. Dalam artikel ini, kita akan mendalami spesifikasi, fitur, dan apa yang membedakan prosesor ini dari pendahulunya.

Teka-teki Penamaan bikin Bingung

Satu hal yang sering membuat Qualcomm membingungkan penggemarnya adalah konvensi penamaannya. Meski ini adalah tipe awal dari seri 7s, chip ini diberi nama Gen 2, mengingatkan kita pada Snapdragon 7+ Gen 2 yang dirilis awal tahun ini tanpa pendahulunya Gen 1. Meskipun begitu, Snapdragon 7s Gen 2 siap untuk menarik perhatian dengan kehadiran dalam seri Redmi Note 13 yang segera datang.

Redmi Note 13 Pro Pro Plus 5g Teasers Dhiarcom3
Foto: Teaser Redmi Note 13 Pro dan 13 Pro+ Dari Xiaomi

Spesifikasi Teknis

Di inti prosesor, Snapdragon 7s Gen 2 dibangun dengan teknologi proses 4nm. Meskipun Qualcomm masih menjaga kerahasiaan apakah ini adalah produksi TSMC atau Samsung, sumber seperti Digital Chat Station mengisyaratkan keterlibatan Samsung. Hal ini bisa memicu kekhawatiran bagi beberapa orang, karena dapur pacu yang dibekali prosesor berbasis Samsung memiliki riwayat pemanasan yang lebih tinggi dibandingkan dengan prosesor yang dibuat oleh TSMC.

Bicara soal performa, prosesor ini mengandalkan CPU Kryo octa-core, yang terdiri dari empat core performa yang mencapai puncaknya pada 2,4GHz dan empat core efisiensi dengan batas atas 1,95GHz. Meskipun Qualcomm masih merahasiakan detail GPU Adreno, kabar burung mengenai benchmark Geekbench untuk Redmi Note 13 Pro menunjukkan bahwa ini adalah Adreno 710.

Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2 Banner Dhiarcom3
Foto: Snapdragon 7s Gen 2 Dari Qualcomm

Fitur Utama dan Konektivitas

Prosesor ini dikabarkan akan menawarkan pilihan konektivitas , yang dimulai dengan modem X62 5G. Ia juga menawarkan Qualcomm FastConnect 6700, kemampuan Wi-Fi 6 dan 6E, serta dukungan untuk layar hingga 1080p pada 144Hz. Untuk memori, ia dilengkapi dengan RAM tipe LPDDR5 dan untuk pengisian cepat, ia menawarkan teknologi Quick Charge 4+.

Advertisements
Loading...


Para pecinta fotografi akan senang dengan kemampuan Spectra ISP, yang mendukung resolusi kamera tunggal hingga 200 megapiksel dan pengambilan video 4K pada 30 fps. Selain itu, fitur seperti USB-C 3.1 memperluas fleksibilitas smartphone yang dilengkapi dengan prosesor ini.

Analisis Perbandingan

Bandingkan dengan chip lain di seri Snapdragon 7, 7s Gen 2 tampak menargetkan segmen entry-level walaupun masih memiliki performa tinggi. Kekuatannya dalam hal CPU dan kapasitas ISP tampaknya sedikit lebih terbatas, mungkin untuk mengakomodasi kisaran harga yang lebih terjangkau.

Penamaan yang tidak konvensional, terutama ‘s’ yang misterius, mengindikasikan serangkaian performa yang lebih ringkas. Meskipun spesifikasi GPU masih dirahasiakan, kemampuan prosesor ini, terutama dalam hal konektivitas dan fitur kamera, tidak bisa diabaikan.

Kesimpulan

Snapdragon 7s Gen 2 dirancang untuk menciptakan gelombang di pasar smartphone mid-range. Kombinasi seimbang antara efisiensi, konektivitas, dan harga yang jangkauan menjadikannya pilihan menarik bagi produsen yang menargetkan konsumen dengan budget terbatas tanpa mengorbankan performa. Pertanyaan yang tersisa adalah: kapan smartphone yang dibekali dengan dapur pacu ini akan tersedia untuk konsumen? Mengingat Qualcomm masih enggan untuk mengungkapkannya, hanya waktu yang akan memberi tahu kita.

Sebagai penutup, dengan Snapdragon 7s Gen 2, Qualcomm sepertinya telah berhasil membangun titik keseimbangan yang sempurna antara harga yang jangkauan dan performa. Akan sangat menarik untuk melihat bagaimana prosesor ini berperforma dalam aplikasi dunia nyata dan pengaruhnya terhadap pasar smartphone mid-range. Bagikan pendapat dan harapan Kamu tentang pesaing baru ini di kolom komentar di bawah!

Review: DUA FUNGSI, BISA LAPTOP & BISA TABLET‼️ Snapdragon 7c Gen 2🔥 ASUS ExpertBook B3000 Review



Jika informasi dari snapdragon 7s menarik untuk kamu, maka jangan lupa untuk Follow dan Share DHIARCOM NEWS untuk tetap terhubung dan mendapatkan notifikasi update yang lebih menarik lainnya bisa juga subscribe melalui email, Salam Indonesia

Sumber: Weibo, Qualcomm|Via: Gizmochina

Tinggalkan Balasan

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments