Peluncuran Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3, Apa yang Harus Anda Ketahui?

0
Snapdragon 8 Gen 3 Qualcomm Launch Date Dhiarcom3
Foto: Rilis Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 Dari Qualcomm

Qualcomm, perusahaan pionir dalam produksi chip di dunia, bersiap untuk merilis Snapdragon 8 Gen 3, SoC unggulannya, pada 24 Oktober. Dikabarkan akan memberikan peningkatan signifikan dibandingkan dengan prosesor SD8G2 generasi sebelumnya, Gen 3 kini telah menarik perhatian dari berbagai media teknologi.

Intip Monster Teknologi

Menurut Ice Universe, seorang sumber yang dikenal luas, dan beberapa sumber lainnya, rumor Snapdragon 8 Gen 3 akan hadir dengan arsitektur yang diperbarui, beralih dari konfigurasi “1+2+2+3” sebelumnya menjadi konfigurasi “1+5+2”. Hal ini akan memberikan peningkatan performa yang signifikan dengan frekuensi yang lebih tinggi. Selain itu, rumor lain dari Digital Chat Station mengabarkan bahwa chip ini akan dibuat menggunakan proses TSMC N4P yang canggih.

Walaupun Qualcomm belum mengumumkan detail lengkap, bocoran tersebut memberikan gambaran tentang apa yang mungkin akan datang. SD8G3 dirumorkan memiliki core utama Cortex-X4, dengan lima core performa A720, dua core efisiensi A520 dan GPU Adreno baru, yang belum resmi dikenal sebagai Adreno 750.

Bocoran dari Ice Universe juga menunjukkan bahwa GPU ini akan membawa peningkatan performa yang signifikan dibandingkan pendahulunya dan menyertakan cache L3 sebesar 10MB. Bocoran rumor lainya seperti Geekbench memberikan skor performa yang mengesankan untuk chip baru ini, mencapai 2563 poin untuk single-core dan 7256 poin untuk multicore.

Snapdragon 8 Gen 3 Qualcomm Launch Date 1 Dhiarcom3
Foto: Spek Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 Dari @UniverseIce

Perangkat Pertama: Smartphone dengan Snapdragon 8 Gen 3

Menurut kabar dari Digital Chat Station dan beberapa sumber lainnya, smartphone pertama yang akan mengusung chip flagship terbaru ini mencakup seri Xiaomi 14, seri Vivo X100, seri iQOO 12, Seri Redmi K70, OnePlus 12 dan Realme GT 5. Hal ini menunjukkan popularitas chip Snapdragon di kalangan produsen smartphone terkemuka, menonjolkan keunggulan performa dan daya tariknya.

Advertisements
Loading...


Ini bukan hanya tentang angka dan data. Dengan peningkatan performa dari Snapdragon 8 Gen 3, cara kita berinteraksi dengan smartphone akan berubah. Dari bermain game untuk performa tinggi tanpa hambatan, hingga multitasking dengan berbagai aplikasi, SoC yang kuat ini akan membuat pengalaman digital kita menjadi lebih lancar dan efisien. Siapa yang tidak ingin memiliki smartphone dengan GPU yang lebih kuat untuk memproduksi foto berkualitas tinggi?

Menuju Masa Depan

Snapdragon 8 Gen 3, yang dijadwalkan diluncurkan pada akhir Oktober, berpotensi mengubah peta lanskap SoC dengan performa dan fitur superior. Setelah peluncuran awal, rumor lain menyebutkan bahwa perangkat premium lainnya seperti seri Galaxy S24 juga akan mengadopsi chip ini pada kuartal pertama 2024. Ada spekulasi bahwa, seperti halnya dengan seri S23, Galaxy S24 mungkin akan hadir dengan versi chip yang disesuaikan, yang kemungkinan diberi nama Snapdragon 8 Gen 3 untuk Galaxy.

Kesimpulan

Seiring dengan perkembangan gadget yang semakin pesat, Snapdragon 8 Gen 3 bisa menjadi lompatan besar dalam teknologi. Ketika prosesor menjadi inti dari semakin banyak smartphone, dampak dari perkembangan ini akan terasa di berbagai bidang, mulai dari gaming hingga fotografi, produktivitas, dan lainnya.

Sementara kita menantikan peluncuran resminya, beri tahu kami apa yang paling Anda nantikan dari Snapdragon 8 Gen 3 baru di kolom komentar di bawah ini!

Review: Jeleger‼️Qualcomm Bikin Smartphone🔥 Jadinya Begini 😳



Jika informasi dari Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 menarik untuk kamu, maka jangan lupa untuk Follow dan Share DHIARCOM NEWS untuk tetap terhubung dan mendapatkan notifikasi update yang lebih menarik lainnya bisa juga subscribe melalui email, Salam Indonesia

Sumber: Qualcomm,Weibo,UniverseIce|Via: Gizguide

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments